Penyandang Disabilitas Lukis Mural di Kanvas Sepanjang 20 Meter

Di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan meresmikan kegiatan melukis mural oleh para penyandang disabillitas. Mereka melukis di kanvas sepanjang 20 meter dengan tinggi 2,5 meter.
Dian Asmita Aisyah | 11 Oktober 2018 15:23 WIB
Gubernur DKI berbincang dengan penyandang disabilitas pada acara melukis di atas kanvas sepanjang 20 meter. - Bisnis/Dian Asmita Aisyah

Bisnis.com, JAKARTA ­– Momen Asian Para Games 2018 memberikan peluang kepada para penyandang disabilitas memperlihatkan kelebihannya.

Tak hanya pada gelaran Asian Para Games, para penyandang disabilitas berkesempatan memamerkan ability atau kemampuannya di luar stadion olahraga.

Di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan meresmikan kegiatan melukis mural oleh para penyandang disabillitas. Mereka melukis di kanvas sepanjang 20 meter dengan tinggi 2,5 meter.

Anies Baswedan berharap Asian Para Games menjadi pengingat bagi semua, bahwa penyetaraan akses dan kesempatan harus sama bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta.

Gubernur DKI Anies Baswedan berfoto dengan para disabilitas peserta acara melukis di kanvas sepanjang 20 meter/Bisnis-Dian Asmita Aisyah 

“Kami ingin di Jakarta momen penting Asian Para Games jadi pengingat untuk kita semua, bahwa akses dan kesempatan harus sama bagi masyarakat DKI Jakarta apa pun kondisinya,” kata Anies di Balai Agung, Kamis (11/10/2018).

Anies juga mengingatkan pentingnya membangun kesadaran terhadap diri sendiri, bahwa banyak orang yang memiliki kebutuhan khusus yang berbeda.

Anies menunjukkan kartu nama miliknya sebagai contoh. Kartu nama tersebut menggunakan huruf braille dengan tujuan sebagai pengingat bahwa masih banyak orang yang memiliki keterbatasan, Mereka tidak dapat membaca kartu nama tersebut dengan mata, melainkan dengan rasa.

“Kartu nama saya sejak dulu menggunakan huruf braille, bersama dengan tulisan nama. Pengingat bahwa sebagian orang tidak bisa membaca ini dengan mata, sebagian membaca harus menggunakan rasa di jarinya. Hal tersebut dimulai dari kita, pengingat ini harus ditumbuhkan sama-sama,” papar Anies.

Anies berharap acara melukis mural ini dapat memberi semangat bagi para penyandang disabilitas untuk tidak berhenti berekspresi dan terus menghasilkan karya.

Karya-karya mural yang dibuat diharapkan menjadi karya yang lintas waktu, "karena karya tersebut dilukis dengan perasaan dan hati," papar Anies.

Hadir dalam peresmian ini di antaranya Direktur Utama PT. Transjakarta Budi Kaliwono dan pejabat pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta dan Direktur Utama PT. Transjakarta turut melukis di atas kanvas sebagai bentuk peresmian acara tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dki jakarta, penyandang disabilitas, Asian Para Games

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top