Gubernur DKI Akan Hadiri Pertemuan Urban 20 soal Integrasi Sosial

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan menghadiri Pertemuan Urban 20 Mayors Summit (U20) di Kota Buenos Aires, Argentina untuk membahas integrasi sosial yang terjadi di perkotaan.
Dian Asmita Aisyah | 26 Oktober 2018 17:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan menghadiri Pertemuan Urban 20 Mayors Summit (U20) di Kota Buenos Aires, Argentina untuk membahas integrasi sosial yang terjadi di perkotaan.

Pada pertemuan (U20), Anies akan menyampaikan pengalamannya dalam menghadapi kasus-kasus yang terjadi di DKI Jakarta, dan strategi kota besar untuk mengelola integrasi sosial.

Anies menuturkan, dalam acara tersebut dia akan menyampaikan strategi-strategi yang digunakan untuk menata perkampungan dengan melibatkan seluruh stakeholder. “

Saya akan menyampaikan kepada kota-kota di dunia untuk memfokuskan pada pembangunan kualitas manusia, karena kemiskinan yang terjadi di kota-kota besar sangat ekstrem,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota, Jumát (26/10/2018).

Dia menambahkan bahwa pembangunan hanya fokus kepada kemiskinan di daerah rural, namun kemiskinan didaerah urban terabaikan.

Hal tersebut dinilai Anies merupakan sumber kegagalan integrasi sosial. Kepadatan penduduk di perkotaan, dan sempitnya lahan menjadi penyebab luasnya kesenjangan ekonomi di perkotaan.

Oleh sebab itu, dalam pertemuan U20, Anies ingin menyadarkan banyak pihak untuk memperhatikan masalah ketimpangan di perkotaan, karena permasalahan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan seluruh kota-kota di dunia.

Pertemuan U20 pertama kali digelar dalam skala kota-kota besar yang menjadi anggota G20, dimana 26 kota besar yang tersebar di dunia menjadi anggota G20.

Urban 20 Mayors Summit (U20) akan diselenggarakan mulai tanggal 29 Oktober 2018 hingga 31 Oktober 2018, ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies baswedan, urbanisasi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top