Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Integrasi Transportasi Jabodetabek Masih Dibahas

Rencana integrasi transportasi Jabodetabek masih dalam proses pembahasan.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 16 Januari 2019  |  18:02 WIB
Pemkot Bekasi uji Coba Transpatriot, bus yang terintegrasi Transjakarta di Bekasi. - Antara
Pemkot Bekasi uji Coba Transpatriot, bus yang terintegrasi Transjakarta di Bekasi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA–Rencana integrasi transportasi Jabodetabek masih dalam proses pembahasan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyebutkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memfasilitasi pertemuan antara pemda terkait di Jabodetabek terkait porsi APBD sektor transportasi dan perhubungan.

"Ini masih proses dan pembahasan jadi kita lihat saja hasil pembahasan prosesnya. Saya pikir juga karena ini masih proses jadi biarkan proses itu berjalan," kata Sigit pada Rabu (16/1/2019).

Seperti diketahui, dalam rapat yang membahas integrasi transportasi Jabodetabek yang dikoordinir oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla Pemprov DKI Jakarta diminta untuk memimpin proses integrasi tersebut.

"Secara prinsip DKI Jakarta siap dan kemarin saya ditugaskan Pak Wapres untuk membahas lebih detail arahan-arahan yang diberikan oleh Pak Presiden kemarin. Intinya adalah di DKI Jakarta ini kita memulai akan dengan penataan di dalam wilayah DKI Jakarta, kemudian baru nanti keluar dan arahnya menambah jangkauan kendaraan umum massal," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (9/1/2019).

Untuk saat ini Sigit menerangkan bahwa pihaknya lebih memilih untuk berfokus pada pengembangan transportasi umum di DKI Jakarta sambil menunggu proses pembahasan bersama dengan pemerintah pusat.

Sigit menyebutkan pihaknya sedang berfokus untuk menambahkan trayek Jak Lingko pada 2019 dari 33 trayek yang telah beroperasi menjadi 63 trayek yang beroperasi.

Selain berfokus pada penambahan trayek JakLingko, dirinya juga memastikan agar proses integrasi antara TransJakarta dan PT MRT Jakarta tetap berjalan.

Untuk diketahui, sebelumnya pada November 2018 PT TransJakarta dengan PT MRT Jakarta telah menandatangai MoU tentang Studi Integrasi Transportasi Antar Moda.

Adapun dari studi tersebut ada tiga hal yang bisa dipelajari yaitu tentang desain rute yang optimalisasi sistem kereta, interkonektifitas, dan ketersediaan bus pengumpan ke stasiun MRT.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

integrasi BPTJ-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top