Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Anies Baswedan Janjikan Rehabilitasi 165 Rumah Korban Kebakaran Tomang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tinjau lokasi kebakaran di Tomang pada Selasa (22/1/2019). Kebakaran terjadi di hari sebelumnya pada Senin (21/1/2019) dini hari.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./JIBI-Dwi Prasetya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan jajarannya akan menyiapkan program rehabilitasi 165 rumah korban kebakaran di Tomang, namun prioritas pertamanya adalah penanganan dan bantuan darurat korban terlebih dahulu.

Anies  Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Tomang hari ini,  Selasa (22/1/2019). Kebakaran terjadi di hari sebelumnya pada Senin (21/1/2019) dini hari yang meluluhlantakkan 165 rumah.

Kebakaran  terjadi di tiga RW yaitu RW 11, 14 dan 15 serta menghanguskan 165 bangunan. Selanjutnya, terdapat 234 KK dan 1251 jiwa yang terdampak.

"Walikota Jakarta Barat dan seluruh jajaran sudah bekerja sangat optimal selama 24 jam lebih memastikan warga yang hari ini merasakan musibah dikurangi bebannya. Pada fase ini, konsentrasi kita pada penanganan korban dulu, sesudah ini nanti ada proses rehabilitasi,” kata Anies pada Selasa (22/1/2019).

Anies  enggan menanggapi terkait status beberapa bangunan rumah warga yang berada di atas aset pemerintah dan sekarang lebih memilih untuk berfokus pada penanganan korban.

"Pada fase ini konsentrasinya adalah pada penanganan korban dulu sesudah ini nanti ada proses rehabilitasi. Ketika kita bicara rehabilitasi di situ kita bicarakan tentang bagaimana status-status legal dari tanah-tanah yang ada disini semua," kata Anies.

Untuk bantuan darurat korban kebakaran, Pemprov DKI Jakarta pun telah menyiapkan tiga posko pengungsian yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kebakaran yaitu di Masjid Jami’ An-Nur, Mushola Mu'minin, dan lapangan bulu tangkis yang dilengkapi dengan tenda dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta pun turut menyediakan fasilitas kesehatan, dapur umum, hingga mobile toilet di lokasi pengungsian.

Pemprov DKI Jakarta pun juga menyediakan Posko Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk melayani masyarakat yang dokumen-dokumen kependudukannya dihanguskan oleh kebakaran.

Namun, hingga saat ini baru sekitar 40 orang yang datang mengurus dokumen-dokumennya di posko tersebut.

"Silahkan datang dan laporkan. Saya tadi sampaikan juga ketika saya bicara di masjid supaya proaktif mengurus. Diurus di situ ada polisi ada jajaran kita," kata Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper