Ancaman Banjir di DKI Jakarta 10 Hari ke Depan Diantisipasi

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta klaim pihaknya siap menghadapi potensi banjir selama 10 hari ke depan. Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan DKI Jakarta akan terus diguyur hujan selama 10 hari ke depan.
Muhamad Wildan | 01 Februari 2019 21:29 WIB
Busway menerobos genangan air di Grogol, Jakarta, Selasa (21/2). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA–Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta klaim pihaknya siap menghadapi potensi banjir selama 10 hari ke depan.

Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan DKI Jakarta akan terus diguyur hujan selama 10 hari ke depan.

Kepala Dinas SDA Teguh Hendarwan pun menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan 40 hingga 120 pasukan biru yang tersebar di masing-masing kecamatan di DKI Jakarta.

Adapun saat ini Dinas SDA memiliki 8.000 personel yang siap turun untuk menanggulangi banjir dan memperbaiki saluran air demi mencegah genangan air di kala hujan.

Teguh pun mengatakan dari tahun ke tahun penanganan genangan air di DKI Jakarta berangsur-angsur membaik dan titik-titik genangan pun semakin berkurang.

Sepanjang Januari 2019, Teguh menyebutkan hanya ada 25 titik genangan air yang kebanyakan berada di Jakarta Utara dan juga di Jakarta Timur yang disebabkan oleh terhalangnya saluran air oleh proyek.

Genangan-genangan air yang pun bisa surut dalam waktu dua hingga tiga jam terhitung sejak berhentinya hujan. Namun, dirinya mencatat ada beberapa titik yang memang masih belum tuntas.

"Lokasi yang memang belum tuntas program normalisasi seperti Cipinang Melayu, Kramat Jati, Kawasan Kali Ciliwung segmen hulu, Pesanggrahan, Sunter tapi secara umum juga masih terkendali," kata Teguh pada Jumat (1/2/2019).

Tag : Banjir Jakarta
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top