Revitalisasi TIM : Groundbreaking Dilaksanakan Juni 2019

Groundbreaking revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) akan dilaksanakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan dilaksanakan pada Juni 2019.
Taman Ismail Marzuki (TIM)/Istimewa
Taman Ismail Marzuki (TIM)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA–Groundbreaking atau peletakan batu perama proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) akan dilaksanakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan dilaksanakan pada Juni 2019.

"Revitalisasi TIM ini merupakan kegiatan strategis daerah, program unggulan gubernur. TIM merupakan tempat munculnya kesenian di tahun 80an. TIM merupakan barometer kesenian di Indonesia," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Asiantoro menerangkan urgensi revitalisasi, Rabu (20/2/2019).

Revitalisasi TIM akan dibagi dalam tiga tahap. Revitalisasi tahap pertama yang dilaksanakan pada Juni 2019 akan dimulai dari area pintu masuk, Masjid Amir Hamzah, dan Gedung Perpustakaan.

Revitalisasi atas area pintu masuk dan Masjid Amir Hamzah tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2019, sedangkan Gedung Perpustakaan ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2020.

Revitalisasi tahap kedua akan dimulai pada Januari 2020 dengan menambahkan Wisma TIM dan Asrama Mahasiswa dan Seniman.

Wisma TIM serta Asrama Mahasiswa dan Seniman merupakan fasilitas penunjang yang kedepannya diharap mampu menjadi sumber pembiayaan pengelolaan TIM pasca-revitalisasi.

Wisma TIM dan asrama tersebut pun ditargetkan beroperasi pada Juni 2021.

Untuk tahap ketiga, PT Jakpro akan merevitalisasi Gedung Planetarium, Gedung Galeri Cipta II, Gedung HB Jassin, dan Graha Bhakti Budaya pada Januari 2021 dan ditargetkan selesai pada Juni 2021.

Soft opening dari TIM pasca-revitalisasi pun akan dilaksanakan pada Agustus 2021.

Ruang terbuka hijau (RTH) dari TIM pun akan ditambah dari yang awalnya hanya 15% dari luas TIM menjadi 50%.

PT Jakpro membutuhkan dana sebesar Rp1,8 triliun dan untuk tahap pertama PT Jakpro telah mendapatkan penyertaan modal daerah (PMD) sebesar Rp200 milliar di APBD 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Muhamad Wildan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper