Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOD Dukuh Atas, Pedestrian Penghubung 3 Stasiun Rampung 2021

PT MRT selaku pelaksana pembangunan TOD Dukuh Atas, Jakarta, menargetkan pedestrian penghubung tiga dari lima stasiun moda transportasi massal di Jalan Jenderal Sudirman rampung Desember 2021.
Siluet pekerja di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Siluet pekerja di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Mass Rapid Transit (MRT) selaku pelaksana pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, Jakarta Pusat, menargetkan pedestrian penghubung tiga dari lima stasiun moda transportasi massal di Jalan Jenderal Sudirman rampung Desember 2021.

"Untuk periode Januari 2019 hingga Desember 2021 kami baru menghubungkan Stasiun MRT, Kereta Commuterline Indonesia (KCI) dan Kereta Bandara, sedangkan pedestrian penghubung Light Rail Transit (LRT) dengan Transjakarta berlanjut pada tahapan selanjutnya," kata kata Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin pada Senin (4/3/2019).

Pedestrian untuk pejalan kaki itu melibatkan lima operator transportasi massal yakni MRT, Light Rail Transit (LRT), Kereta Commuterline Indonesia (KCI), Railink selaku operator Kereta Bandara dan Transjakarta.

Pendanaan kegiatan dialokasikan secara konsorsium melibatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta serta pihak pengembang dalam kawasan senilai total Rp20 triliun lebih.

Menurut dia, tahap awal TOD ditandai realisasi Taman Dukuh Atas di sisi barat Jalan Jendral Sudirman seluas 200 meter lebih. Pada kedalaman sekitar 16 meter dari lahan taman, tengah dibangun Stasiun MRT Bawah Tanah trayek Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Dari titik Stasiun MRT Dukuh Atas, kata Kamaluddin, tengah digarap proyek fisik pedestrian penghubung Jalan Kendal menuju Jalan Blora dengan radius 700 meter yang mengintegrasikan kawasan Stasiun MRT, KCI dan Kereta Bandara di sisi Sungai Kanal Barat sepanjang 179 meter dengan lebar 8 meter lebih.

Secara fisik, ujarnya, fasilitas pedestrian tersebut akan mengalihfungsikan terowongan Jalan Kendal sebagai area pedestrian berikut penyediaan 'laybay' Transjakarta berikut penataan angkutan umum berbasis online.

Koridor tersebut menjadi bagian dari sirkulasi pejalan kaki dari Taman Dukuh Atas yang menghubungkan lima segmentasi tujuan, yakni Jalan Kendal-Bundaran HI melalui Taman Dukuh Atas MRT dan jalur pedestrian Jalan Blora.

Segmentasi BNI City-KCI Sudirman melalui pedestrian terowongan Jalan Kendal dan platform BNI City-Stasiun Sudirman serta Jembatan Sudirman untuk pergerakan penumpang kereta dari utara menuju selatan melalui pedestrian eksisting.

"Semula konsep jalur penghubungnya berupa circular pedestrian yang melingkar mengintegrasikan lima moda transportasi massal sekaligus, namun justru akan merusak estetika kawasan Jalan Sudirman, sehingga diganti desain pedestriannya berbentuk agak kotak," katanya.

Dukuh Atas sebagai TOD ditetapkan karena telah memiliki dua operator transportasi yang sudah beroperasional sejak awal, yakni KCI dan Kereta Bandara. Di kawasan Sudirman ini juga sudah beropersional Transkakarta yang menggunakan sistem bus rapid transit.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk Budi Karto yang dihubungi melalui pesan singkat belum mau berkomentar banyak seputar rencana lanjutan pembangunan pedestrian TOD Dukuh Atas. "Saat ini masih fokus pada pengadaan lahannya," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper