Makanan Berformalin Ditemukan di Tangerang

BPOM Serang menemukan makanan yang memiliki kandungan formalin dengan kadar yang sangat tinggi saat melakukan Sidak di Pasar Anyar Tangerang
Newswire | 11 Mei 2019 13:00 WIB
Pedagang momotong ayam di pasar tradisional - ANTARA/Syaiful Arif

Bisnis.com, TANGERANG--BPOM Serang menemukan makanan yang memiliki kandungan formalin dengan kadar yang sangat tinggi saat melakukan Sidak di Pasar Anyar Tangerang

Kepala BPOM Serang Sukriadi Darma di Tangerang, Sabtu menjelaskan, makanan yang dimaksud adalah usus ayam dari salah satu pedagang.

Dari total 20 sampel yang diambil, petugas menemukan kandungan formalin yang sangat tinggi pada usus ayam tersebut. "Kandungannya sangat tinggi untuk di usus ayam," ujarnya.

Sebagai bentuk tindakannya, petugas pun menyita seluruh usus ayam tersebut dari pedagang. Sebab jika dijual akan sangat berbahaya bagi kesehatan yang mengkonsumsinya.

Kemudian, BPOM pun melibatkan Satpol PP untuk mengetahui asal usul usus ayam milik pedagang. Sebab dugaan sementara, pedagang melakukan pencampuran dengan sangat banyak.

"Dari hasil temuan di lapangan, kami tarik makanan tersebut agar tak dijual pedagang sebab sangat membahayakan bagi kesehatan," ujarnya.

Langkah lainnya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembinaan kepada pedagang tersebut. Sebab makanan yang dijual sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Intinya, akan dilakukan penelusuran terhadap asal usul makanan tersebut. Jangan sampai ada yang dijual lagi," ujarnya.

Perlu diketahui, sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, bagi pelaku usaha atau industri yang kedapatan menjajakan bahan pangan berbahaya diancam hukuman penjara selama dua tahun dan denda sebesar Rp4 miliar.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tangerang, formalin

Sumber : Antara

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup