Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Restorasi Masjid Angke Libatkan Lingkar Warisan Kota Tua

Proses restorasi Masjid Jami Al-Anwar atau Masjid Angke yang berada di Tambora, Jakarta Barat melibatkan pihak yayasan yang sangat memperhatikan bangunan cagar budaya yaitu Ling Wa (Lingkar Warisan) Kota Tua.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Mei 2019  |  17:51 WIB
Masjid Jami Al-Anwar atau Masjid Angke, berada di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. JIBI/Bisnis - Akbar Evandio
Masjid Jami Al-Anwar atau Masjid Angke, berada di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. JIBI/Bisnis - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Proses restorasi Masjid Jami Al-Anwar atau Masjid Angke yang berada di Tambora, Jakarta Barat melibatkan pihak yayasan yang sangat memperhatikan bangunan cagar budaya yaitu Ling Wa (Lingkar Warisan) Kota Tua.

Yayasan ini sejak 2017 membantu restorasi bangunan Masjid Angke.

Turunan Kedelapan ulama yang mendiami kompleks masjid dan berasal dari keluarga Kesultanan Banten, Muhammad Abyan Abdillah mengatakan bahwa restorasi ini yang pertama kali sejak Masjid Angke berdiri.

“Sebelumnya, hanya perbaikan di beberapa sisi saja sehingga, [proses restorasi] ini yang terbesar sepanjang sejarah Masjid Jami Angke, kesulitannya pertama koordinasi dengan pihak cagar budaya dalam mendapatkan izin restorasi, segi materialnya harus mencari bahan yang sama dan sejenis, itu menjadi satu catatan sebelum memulai restorasi,” kata Abdillah.

Abdillah mengungkapkan pula bahwa restorasi menggunakan ring balok yang di pasang di sekeliling bangunan agar lebih kokoh, dan tidak mengubah struktur bangunan dari segi tinggi dan ukuran.

Restorasi hanya melakukan penyisipan saja dengan kayu yang diambil dari Sulawesi dan digarap atau diukir di Yogyakarta kemudian dibawa ke Jakarta untuk keperluan masjid dengan luas bangunan 15x15 meter persegi tersebut.

Restorasi diharapkan selesai setelah Lebaran.

Abdillah mengungkapkan bahwa dalam proses restorasi tim dibantu pemerintah daerah, dan Yayasan Ling Ma. Pekerja yang terdibagi dalam tiga tim yaitu, dari tim sipil, kayu dan elektri, yang jumlahnya kurang ada 15 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta kota tua Ramadan masjid
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top