Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda Dengan DPRD, Pemprov DKI Jakarta Usul Pencari Suaka Dikumpulkan di Kalideres

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengusulkan agar imigran pencari suaka yang telah beberapa hari tinggal di trotoar kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat dikumpulkan di Kalideres.
Pengungsi/ANTARA FOTO-Irsan Mulyadi
Pengungsi/ANTARA FOTO-Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengusulkan agar imigran pencari suaka yang telah beberapa hari tinggal di trotoar kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat dikumpulkan di Kalideres.

Yakni, di sekitar Rumah Detensi Imigrasi tempat sebelumnya mereka ditampung, sebelum akhirnya para imigran tersebut menginap di trotoar untuk mengadu ke kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Seperti diketahui, langkah ini berbeda dari usulan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang mengusulkan agar para imigran tersebut dikumpulkan di Islamic Centre milik Pemprov DKI Jakarta.

"Kita dekatkan dengan pusat penampungan mereka di Kalideres supaya kordinasinya gampang," ujar Saefullah yang juga ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI selama Anies Baswedan ke luar negeri ini, ketika ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/7/2019).

"Nanti kalau memang UNHCR kesulitan dalam mencari tempat ya UNHCR harus bikin surat ke Pemprov DKI. Kan ini kan bukan persoalan sederhana. Ini bukan persoalan warga DKI. Kalau warga DKI, itu begitu kejadian juga kita respons. Kalau bencana, 3 jam langsung kita kasih makan dan dikasih tenda standar kita," tambahnya.

Menurut Saefullah, karena pihaknya harus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri, bahkan TNI untuk mengatasi hal ini, Pemprov DKI Jakarta hanya bisa memberikan bantuan seadanya.

Yakni, obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan, serta tenda darurat, "Ada beberapa alternatif. Yang kita punya ya, tenda dengan alas yang manusiawi, lah," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper