Transjakarta dan Tol Dalam Kota Kembali Normal

Arus lalu-lintas di depan gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pagi ini, Rabu (25/9/2019).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 25 September 2019  |  09:22 WIB
Transjakarta dan Tol Dalam Kota Kembali Normal
Bus Transjakarta melintasi Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019) - Bisnis/Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Arus lalu-lintas di depan gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pagi ini, Rabu (25/9/2019).

Sebelumnya, seluruh ruas jalan dari dan menuju area gedung DPR RI tidak bisa dilalui kendaraan pasca aksi demonstrasi mahasiswa kemarin (24/9/2019).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas

PT Transjskarta Nadia Diposanjoyo mengatakan layanan Transjakarta yang terimbas demo di depan DPR sudah normal.

"Semua rute Yang sebelumnya pengalihan kembali beroperasi seperti semula. Warga dapat menikmati layanan mulai pukul 08.15 WIB," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Rabu (25/9/2019).

Dia menuturkan petugas patroli Transjakarta berupaya memperbaiki kerusakan MCB di gedung DPR. Petugas udah berkordinasi dengan dinas terkait dan Menunggu kedatangan peralatan.

Sementara itu, Jasa Marga Regional JabotabekJabar selaku pengelola Jalan Tol Dalam Kota memastikan aktivitas operasional jalan tol kembali normal sejak Rabu (25/9/2019) pukul 08.00 WIB.

Jasa Marga Regional JabotabekJabar Division Head Reza Febriano menjelaskan selama demo berlangsung, terdapat penutupan beberapa Gerbang Tol (GT) dan pengalihan lalu lintas.

Setelah demo selesai, petugas segera melakukan pembersihan lajur dari sampah-sampah dan benda-benda lainnya yang dapat mengganggu perjalanan.

"Pada pukul 03.19 WIB jalur B [Grogol menuju Cawang] sudah dibuka. Jalur sebaliknya, Grogol menuju Cawang pukul 04.41 WIB pagi tadi juga sudah dibuka, kedua jalur telah beroperasi normal kembali,” kata Reza.

Akibat dampak dari kegiatan massa tersebut, Reza juga mengkonfirmasi bahwa terdapat 2 Gerbang Tol (GT) yang dirusak massa, yaitu GT Senayan dan GT Pejompongan.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Mengenai peralatan tol dan fasilitas yang dirusak di kedua GT tersebut pun segera dierbaiki dan sudah dapat difungsikan kembali.

"Sejak pukul 06.00 WIB GT Senayan sudah dapat dilewati dengan aman oleh pengguna jalan, selanjutnya menyusul GT Pejompongan akan kita operasikan kembali,” tambahnya.

Walaupun beberapa peralatan tol yang rusak, sudah diperbaiki kembali, Reza menyiapkan transaksi di kedua GT dengan memaksimalkan GTO yang masih berfungsi dengan baik serta didukung oleh petugas dengan menggunakan mobile reader.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasa Marga Regional JabotabekJabar juga menambah petugas operasional untuk mengantisipasi kejadian yang dapat menghambat aktivitas operasional Jalan Tol Dalam Kota terjadi kembali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transjakarta, demo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top