Kondisi Stasiun Palmerah tak Menentu, Ini Saran Alternatif KCI

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menghimbau pengguna KRL Commuter Line tujuan Serpong, Parungpanjang, Maja, Rangkasbitung untuk menggunakan Stasiun Kebayoran sebagai alternatif.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  15:11 WIB
Kondisi Stasiun Palmerah tak Menentu, Ini Saran Alternatif KCI
Konsentrasi massa pendemo di DPR terlihat di sekitar lintasan rel sebidang dekat Stasion Palmerah Jakarta Barat pada Rabu 25 September 2019. - Bisnis/Dioniso Damara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menghimbau pengguna KRL Commuter Line tujuan Serpong, Parungpanjang, Maja, Rangkasbitung untuk menggunakan Stasiun Kebayoran sebagai alternatif.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba menjelaskan bahwa hal ini untuk berjaga-jaga, terkait dengan perkembangan kondisi dan situasi di sekitar Stasiun Palmerah yang akhir-akhir ini yang belum menentu.

"PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna jasa KRL yang hendak naik atau turun di Stasiun Palmerah untuk dapat memanfaatkan Stasiun Kebayoran sebagai stasiun alternatif untuk naik dan turun dari KRL Commuter Line lintas Tanah Abang hingga Serpong, Parung Panjang, Maja, atau Rangkasbitung PP," ungkap Anne dalam keterangan resminya, Selasa (1/10/2019).

Anne menjelaskan bahwa imbauan ini merupakan bentuk layanan yang mengutamakan keselamatan dan keamanan pengguna jasa KRL, serta Sarana dan Prasarana perkeretaapian yang ada di sekitarnya sebagai fasilitas publik.

Pilihan Stasiun Kebayoran sebagai alternatif akan mengikuti perkembangan situasi di sekitar Stasiun Palmerah. Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCI pun sempat melakukan rekayasa pola operasi perjalanan KRL atau pengalihan keberangkatan KRL lintas Tanah Abang hingga Serpong, Parungpanjang, Maja, atau Rangkasbitung.

"Untuk tetap dapat melayani pengguna, PT Kereta Commuter Indonesia melakukan rekayasa operasi. KRL Commuter Line dari arah Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, Serpong tujuan Tanah Abang diatur hanya sampai Stasiun Kebayoran. Selanjutnya KRL Commuter Line dari Stasiun Kebayoran akan kembali ke arah Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, atau Serpong. PT KCI menghimbau pengguna KRL tujuan Stasiun Jurang Mangu, Sudimara, Rawa Buntu dan seterusnya dapat menuju ke Stasiun Kebayoran untuk menggunakan KRL," tambahnya.

Terakhir, PT KCI menghimbau pengguna untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan bersama dengan mengikuti aturan dan tata tertib yang ada saat berada di stasiun maupun di dalam KRL. Pengguna KRL juga diminta mengikuti aturan terkait jenis dan ukuran bawang bawaan yang diizinkan.

Pengguna juga kami minta untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan tidak naik ke dalam KRL yang telah penuh, serta bersama-sama menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian yang merupakan fasilitas publik. 

Kendati Stasiun Kebayoran jadi altertif, untuk menuju lokasi tersebut juga bukan pekerjaan yang mudah. Para pekerja di kawasan Sudirman hingga Tanah Abang mengalami kesulitan untuk menuju Stasiun Kebayoran, karena saat demo, jalur jalan menuju Stasiun Kebayoran di Jl. Tentara Pelajar (depan Stasiun Palmerah) dan perempat Slipi dari arah Jl. K.S Tubun Petamburan ditutup.  Alternatifnya bisa memutar melalui Jl.Kemanggisan Utama-Jl. Rawa Belong-Jl. Raya Kebayoran Lama. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
demo

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top