Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siasati Perluasan Ganjil-Genap dengan Waze

Waze pembantu pengendala mobil menyiasati kebijakan ganjil genap untuk mendapatkan jalur tercepat dan efisien. Cukup dengan mendaftarkan nomor kendaraan Anda, Waze akan membantu.
Sumber Foto : Instagram Waze
Sumber Foto : Instagram Waze

Bisnis.com, JAKARTA - Waze, aplikasi navigasi berbasis komunitas, memberikan solusi bagi  dalam menghadapi perluasan area ganjil-genap di sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Waze akan menyediakan rute alternatif secara real-time dan akurat melalui 500 Map Editor lokal di seluruh Indonesia.

Map Editor secara aktif mencari berbagai rute alternatif selama bepergian di Jakarta untuk membantu navigasi sesama pengemudi, dalam menyiasati lalu lintas akibat peraturan ganjil-genap. 

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan, mengatakan bahwa kontribusi Komunitas Waze Indonesia telah proaktif melakukan pembaruan pada 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena dampak perluasan peraturan ganjil-genap.

"Cukup dengan memilih destinasi dan mendaftarkan nomor kendaraan, pengguna Waze saat ini akan dibantu dengan rute-rute tercepat dan paling efisien di seluruh Jakarta," ujar Marlin dalam siaran pers yang diterima Bisnis pada Senin (7/10/2019).

Christian Iskandar, penyelia Komunitas Waze IIndonesia, menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan kebijakan perluasan ganjil-genap, para Map Editor telah melakukan pembaruan peta di aplikasi Waze berdasarkan informasi awal yang dikumpulkan dari media. Namun, pembaruan itu dikunci selama kebijakan itu masih dalam tahap sosialisasi.

"Ketika kebijakan tersebut telah resmi diberlakukan, semua pembaruan tersebut langsung dibuka dan seluruh pengguna Waze dapat melihatnya, sehingga dapat menghindari rute-rute tertentu hanya dengan memasukkan dua angka terakhir dari nomor kendaraan mereka," tutur Christian.

Komunitas Waze Indonesia – komunitas yang seluruhnya terdiri dari sukarelawan – juga melakukan beberapa percobaan peningkatan navigasi untuk mencari rute terbaik dengan waktu tercepat. 

Semua pembaruan jalan yang dilakukan oleh para Map Editor pada dasarnya mengikuti regulasi lalu lintas yang diberlakukan oleh pemerintah setempat, termasuk perluasan terbaru kebijakan ganjil-genap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper