Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak Akan Dilakukan Lagi Minggu Depan

Pengguna jalan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu ini menjalani uji coba pengaturan lalu lintas sistem 2-1. Minggu depan, kebijakan yang sama akan diberlakukan sebelum dilakukan eveluasi atas keefektifan penerapannya.
Ilustrasi-Kendaraan roda empat memadati jalur Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat/ANTARA
Ilustrasi-Kendaraan roda empat memadati jalur Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat/ANTARA

Bisnis.com, BOGOR - Pengguna jalan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu ini menjalani uji coba pengaturan lalu lintas sistem 2-1. Minggu depan, kebijakan yang sama akan diberlakukan sebelum dilakukan eveluasi atas keefektifan penerapannya.

Evaluasi akan dilakukan oleh instansi terkait yakni Pemerintah Kabupaten Bogor, Polres Bogor dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Kami masih akan mempelajari bagaimana hasil uji coba pada hari Minggu (27/10/2019) ini dan Minggu depan, bagaimana pelaksanaannya," kata Ade Yasin kepada wartawan di Gadog Ciawi saat akan melakukan penyusuran jalur Puncak untuk melihat langsung pelaksanaan uji coba sistem 2-1.

Pada kesempatan tersebut hadir Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi, Sekretaris BPTJ Indro Surahmat, Kapolres Bogor AKBP Muhammad Djoni, dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto.

Menurut Ade Yasin uji coba dilakukan selama dua kali yakni pada akhir bulan dan awal bulan, untuk melihat karakter dan jumlah kendaraan yang berkunjung ke kawasan Puncak.

Ade Yasin berharap dua kali uji coba ini dapat memberikan perubahan signifikan terhadap arus lalu lintas di jalur Puncak yang selalu mengalami kemacetan pada akhir pekan.

"Sistem 2-1 yang sedang diujicoba ini melibatkan banyak petugas dari Kepolisian dan dari Dinas Perhubungan. Petugas juga dibantu oleh masyarakat sekitar yang disebut dengan polingga.

Menurut Ade jika uji coba sistem 2-1 dinyatakan berhasil dan dapat diterapkan secara permanen maka tidak ada lagi sistem buka-tutup atau arus satu arah di jalur Puncak.

"Dengan sistem 2-1 maka kendaraan yang melintas di Puncak setiap saat dapat berjalan dalam dua arah, meskipun jalurnya di tata dan direkayasa," kata Ade.

Uji coba sistem 2-1 dilakukan pada Minggu mulai pukul 03.00-12.30 WIB, yakni dua lajur dari Gadog Ciawi menuju ke Cisarua dan satu lajur dari Cisarua menuju Gadog Ciawi.

Pada pukul 12.30-14.00 WIB satu lajur dari Gadog Ciawi dan satu lajur dari Cisarua. Sedangkan lajur tengah ditutup sementara.

Pada pukul 14.00-20.00 WIB satu lajur dari Gadog Ciawi ke Cisarua serta dua lajur dari Cisarua menuju Gadog Ciawi.

Kemudian, pada pukul 20.00-03.00 WIB, diberlakukan arus lalu lintas normal, dua lajur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper