Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB Apresiasi Gojek Bantu Korban Banjir Jakarta

Pemerintah mengapresiasi inisiatif cepat tanggap Gojek dalam membantu penanganan bencana banjir di berbagai kawasan di Jakarta. Upaya itu telah menyelamatkan ribuan orang dan mengurangi dampak negatif dari banjir yang terjadi pada 1 Januari lalu.
Ilustrasi helm milik pengemudi Gojek./REUTERS-Beawiharta
Ilustrasi helm milik pengemudi Gojek./REUTERS-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengapresiasi inisiatif cepat tanggap Gojek dalam membantu penanganan bencana banjir di berbagai kawasan di Jakarta. Upaya itu telah menyelamatkan ribuan orang dan mengurangi dampak negatif dari banjir yang terjadi pada 1 Januari lalu.

"Inisiatif Gojek sangat positif membantu Pemprov DKI Jakarta dan sekitarnya dalam menanggulangi dampak bencana banjir ini. Kami berterima kasih atas inisiatif dan kepeduliannya," ungkap Direktur Perbaikan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Medi Herlianto dalam rilis, Jumat (3/1/2020).

Dengan teknologi yang dimiliki Gojek, menurutnya, sangat membantu dalam rangka tanggap darurat dan mitigasi bencana. Masih tingginya potensi curah hujan ke depan, sangat diperlukan teknologi penyeberan informasi dalam rangka mitigasi bencana.

"Apalagi curah hujan Jabodetabek menurut BMKG masih akan tinggi dalam beberapa waktu ke depan. Mungkin nanti ada teknologi Gojek yang akan sangat membantu. Apalagi pengguna Gojek kan banyak sehingga akan membantu untuk menyebarkan informasi juga dalam rangka mitigasi bencana," imbuh Medi.

Sebagai bentuk totalitas Gojek dalam membantu penanganan bencana banjir di Jakarta, hari ini perusahaan karya anak bangsa itu meresmikan kerja sama tanggap darurat banjir dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kerjasama itu melibatkan badan terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kerja sama ini merupakan bagian dari serangkaian inisiatif Gojek yang berjalan sejak hari pertama banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Shinto Nugroho, Chief of Public Policy and Government Relations Gojek menyatakan perusahaan hadir sejak hari pertama banjir terjadi di Jakarta dengan melakukan evakuasi, penyaluran bantuan logistik dan penggalangan dana.

"Kami berharap dengan kerjasama ini semoga bantuan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang terdampak dan pemulihan dapat berlangsung sesegera mungkin," ujarnya

Shinto menambahkan tim Gojek telah mengevakuasi setidaknya 105 jiwa yang terdiri dari mitra dan karyawan Gojek beserta keluarga. Sebanyak lebih dari 2,000 paket bantuan logistik juga telah didistribusikan pada mitra Gojek yang terdampak, untuk terus berjalan selama masa tanggap darurat beberapa hari ke depan.

Untuk memastikan kontribusi yang lebih luas, tanggal 2 Januari 2020 Gojek telah luncurkan kampanye penggalangan dana bersama Kitabisa dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Ini adalah waktunya untuk bergotong royong. Kami memanfaatkan teknologi Gojek dan kolaborasi dengan Kitabisa dan Baznas untuk mengumpulkan donasi yang sangat mudah untuk diakses dari aplikasi kami," tambahnya.

Sebelumnya kampanye serupa sudah pernah dijalankan Gojek bersama Kitabisa dan Baznas, menghasilkan bantuan sebesar Rp1,5 miliar untuk bencana tsunami Banten dan Rp1 miliar untuk bencana gempa Palu-Donggala.

"Kami mengundang sebanyak-banyaknya masyarakat untuk berpartisipasi dengan cara berdonasi melalui aplikasi Gojek, bantuan sebesar apapun sangat berarti untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak," tutup Shinto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper