Ketinggian 7 Pintu Air Normal, Hujan Merata di Jakarta

Ketinggian air di tujuh pintu air di DKI Jakarta, Sabtu pagi (11/1/2020), terpantau normal meski kawasan ibu kota sempat diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Jumat petang hingga malam. Sabtu hari ini, Jakarta diguyur hujan secara merata.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Januari 2020  |  06:40 WIB
Ketinggian 7 Pintu Air Normal, Hujan Merata di Jakarta
Pintu air Manggarai, Jakarta, Antara/Livia Kristianti

Bisnis.com, JAKARTA - Ketinggian air di tujuh pintu air di DKI Jakarta, Sabtu pagi (11/1/2020), terpantau normal meski kawasan ibu kota sempat diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Jumat petang hingga malam. Sabtu hari ini, Jakarta diguyur hujan secara merata.

Berdasarkan informasi laman resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabtu, ketinggian air di Pintu Air Manggarai tercatat 615 cm (normal/siaga 4), Karet 310 cm (normal/siaga 4), Krukut Hulu 20 cm (normal/siaga 4), dan Pesanggrahan 75 cm (normal/siaga 4).

"Seterusnya, ketinggian air di Pintu Air Angke Hulu mencapai 75 cm (normal/siaga 4), Waduk Pluit 175 cm (normal/siaga 4), dan Pasar Ikan 145 cm (normal/siaga 4). Kondisi normal juga terpantau di Pintu Air Katulampa Bogor dengan ketinggian 30 cm dan Pintu Air Depok 115 cm," tulis informasi BPBD DKI Jakarta tersebut seperti dilaporkan Antara, Sabtu (11/1/2020).

Meski ketinggian air terpantau normal, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Sabtu malam.

Sementara, hujan ringan diperkirakan mengguyur kawasan Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu sejak pagi hari dengan suhu berkisar 23 hingga 31 derajat celcius dan kelembapan udara 80 hingga 100 persen.

Hujan Merata

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang yang diprediksi terjadi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Sabtu.

Menurut laman resmi BMKG yang dipantau ANTARA Sabtu dini hari, kondisi yang patut diwaspadai tersebut akan terjadi pada Sabtu petang.

Seluruh wilayah ibu kota mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu diperkirakan akan diguyur hujan ringan sejak pagi hari dengan suhu berkisar 23 hingga 31 derajat celcius dan kelembapan udara 80 hingga 100 persen.

Kondisi tersebut sudah diinformasikan sebelumnya oleh BMKG dimana berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, aktivitas monsun Asia masih signifikan dan gelombang atmosfer (MJO) di wilayah Indonesia masih aktif.

Hasil analisis dinamika atmosfer itu juga menunjukkan pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Provinsi Banten bagian utara hingga Provinsi Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia.

Kondisi itu berpotensi secara signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta

Sumber : Antara

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top