Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati Bulan K3, Anies Ingatkan Bawahan Safety First

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin kegiatan Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi DKI Jakarta 2020. Dia mengingatkan keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi prioritas utama.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin kegiatan Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi DKI Jakarta 2020. Dia mengingatkan keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi prioritas utama.

"Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas yang utama. Safety first," ujarnya di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jumat (17/1/2020).

Anies berharap agar pencanangan Bulan K3 ini bukan sekadar seremonial, melainkan perlu ditumbuhkan kesadaran pekerja yang diwujudkan dalam langkah-langkah nyata.

Pencanangannya memang upacara, tapi kesadarannya itu harus diwujudkan dalam langkah nyata di tempat kerja, juga di antara rumah dan tempat kerja. Soal keselamatan, kesehatan itu bukan soal kecil, itu soal paling utama.

"Safety first, nomor satu adalah keselamatan. Ini harus kita tumbuhkan sama-sama, sehingga kesadaran soal keselamatan itu benar-benar hadir," ujarnya.

Kegiatan Upacara Bulan K3 ini merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2020.

Tepat 50 tahun, sejak UU Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970 dicanangkan, tahun 2020 ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang mandiri dan berbudaya K3.

Bulan K3 Nasional 2020 mengambil tema pokok ”Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”.

Anies mendorong partisipasi aktif masyarakat pekerja, pengusaha, dan kelompok masyarakat lainnya dalam mengimplementasikan K3 dalam setiap aktivitas kerja.

"Saya ingin semua pihak emenjadikan K3 sebagai kebutuhan dasar dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper