Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Imlek, Harga Ikan Bandeng di Kawasan Rawa Belong Mulai Naik

Salah satu pedagang ikan bandeng di kawasan tersebut, Rabu (22/1/2020), di Jakarta, Junaedi, mengatakan harga ikan bandeng yang didapatnya dari Muara Angke, Jakarta Utara, mencapai Rp60 ribu per kilogram (Kg) karena langka setelah banjir.
Ilustrasi-Ikan bandeng/Antara
Ilustrasi-Ikan bandeng/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Harga ikan bandeng di kawasan Rawa Belong, Kebon Jeruk Jakarta Barat yang biasa dijual mendekati Tahun Baru Imlek, cenderung lebih mahal dibanding hari biasa ditambah efek banjir pada awal 2020.

Salah satu pedagang ikan bandeng di kawasan tersebut, Rabu (22/1/2020), di Jakarta, Junaedi, mengatakan harga ikan bandeng yang didapatnya dari Muara Angke, Jakarta Utara, mencapai Rp60 ribu per kilogram (Kg) karena langka setelah banjir.

"Dari Muara Baru sudah mahal, biasanya bisa jual antara Rp50.000-Rp60.000 sekilo di Rawa Belong, di Muara Baru-nya sudah dijual Rp60.000," ujarnya.

Junaedi menyebut tingginya harga jual bandeng dikarenakan banjir tahun baru di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mengakibatkan sejumlah tambak bandeng terendam dan terbawa banjir.

Karena kelangkaan tersebut, ikan bandeng tambak yang dipasarkan lebih banyak berukuran 1-1,5 Kg dan dijual lebih mahal, ketimbang bandeng dari laut yang dijual rata-rata Rp60.000 per Kg.

Sehingga di tahun ini, harga bandeng yang ditawarkan mencapai harga Rp70.000-Rp80.000 per Kg dan masih bisa ditawar oleh para pembeli.

"Sekarang per harinya terjual sekitar 50 kiloan untuk stok, waktu tahun lalu biasanya rata-rata 200 kilo abis terjual," kata dia.

Para pembeli ikan bandeng musiman juga merasakan harga ikan bandeng kelewat mahal dibandingkan musim Imlek sebelumnya.

"Biasanya tahun-tahun lalu, ukuran 1,5 kilo, saya beli bandeng sekitar Rp70.000. Sekarang beli dua ekor aja hampir Rp200.000," ujar Henni.

Namun hal tersebut tidak dipermasalahkan Henni, selama dia bisa memasak bandeng untuk merayakan kebersamaan bersama keluarga.

Ikan bandeng merupakan menu wajib masyarakat Betawi menjelang Tahun Baru Imlek. Meski tidak beribadah saat Imlek, masyarakat Betawi merayakan kebersamaan dan berbagi lauk bandeng bersama keluarga dan tetangga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper