Jakarta Hujan, Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2 dan Manggarai Siaga 3

Akun Twitter @BPBDJakarta mencatat ketinggian seluruh pintu air di wilayah Jakarta, Depok, dan Bogor masih dalam kategori siaga.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  13:42 WIB
Jakarta Hujan, Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2 dan Manggarai Siaga 3
Genangan air hujan merendam Jalan Kayu Putih, Jakarta Timur, Jumat (24/1 - 2020). ANTARA / Andi Firdaus

Bisnis.com, JAKARTA -- Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Jumat pagi (24/1/2020) mulai menimbulkan genangan dan banjir di beberapa wilayah.

Berdasarkan data yang dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitter resmi @BPBDJakarta, ketinggian seluruh pintu air di wilayah Jakarta, Depok, dan Bogor masih dalam kategori siaga.

Status waspada atau siaga 2 tercatat terjadi pada Jumat (23/1/2020) hingga pukul 12.00 WIB pintu air Pasar Ikan, Jakarta Utara. Ketinggian air di lokasi tersebut sudah mencapai 225 centimeter (cm).

Sementara itu, status siaga 3 tercatat di pintu air Manggarai (810 cm), Karet (540 cm), dan Pulo Gadung (600 cm). Adapun, status normal atau siaga 4 terjadi di hampir semua pintu air, antara lain Katulampa, Depok, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, dan Sunter Hulu.

Sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di sebagian wilayah Jabodetabek pada 24 Januari 2020 masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta, BMKG, hujan

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top