Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jakarta Banjir Lagi, Anies Baswedan Pantau Pintu Air Manggarai

Pemprov DKI Jakarta kemungkinan akan melakukan pemantauan secara terus-menerus dan menyiapkan tempat pengungsian jika diperlukan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  15:38 WIB
Pintu Air Manggarai - Beritajakarta.com
Pintu Air Manggarai - Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI JAKARTA Anies Baswedan memantau tinggi muka air di Pintu Air Manggarai, Sabtu (8/2/2020) pagi, sebagai langkah lanjutan dari pemantauan sehari sebelumnya di Bendung Katulampa Bogor.

Dalam kunjungannya Jumat (7/2/2020) sore tersebut, Anies mengatakan Bendung Katulampa menunjukkan peningkatan tinggi muka air dan mencapai puncaknya Jumat malam pukul 22.00 WIB.

“Sejak tadi malam, kita sudah antisipasi bahwa akan ada volume air yang datang ke Jakarta, lalu semua daerah aliran sungai. Para Lurah sudah mengabarkan warga sekitar untuk mengantisipasi,” kata Anies dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Sabtu (8/2/2020).

Adapun, air kiriman dari Bogor dikatakan sampai di Jakarta dan mencapai puncak ketinggiannya di Pintu Air Manggarai pada 940 cm. Namun, berselang beberapa jam ketinggian air turun menjadi 880 cm.

Menurut Anies, saat ini jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memantau penurunan muka air laut agar air sungai dapat dialirkan ke laut.

“Nah, yang sekarang sedang kita pantau adalah permukaan air laut. Menurut prediksi, permukaan air laut akan mulai surut sekitar pukul 09.30 WIB. Ketika itu mulai turun, maka semua pintu air bisa dibuka secara maksimal, maka Insya Allah air bisa segera turun di Jakarta,” paparnya.

Anies melanjutkan, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta telah siaga mengantisipasi apabila terjadi genangan, sehingga dapat dengan cepat teratasi. Petugas, pompa mobil, dan pemadam kebakaran disiapkan untuk wilayah yang sempat tergenang.

Pemprov DKI Jakarta kemungkinan akan melakukan pemantauan secara terus-menerus dan menyiapkan tempat pengungsian jika diperlukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pintu air manggarai
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top