Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov DKI: Mall Aeon JGC Masih Utang Fasilitas Umum

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa pihak manajemen pengelola mall Aeon Jakarta Garden City (JGC) tercatat masih memiliki utang pembangunan fasilitas umum.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  21:33 WIB
Polisi mengangkut delapan remaja diduga sebagai dalang usai kericuhan di Mall AEON, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). - Antara/Andi Firdaus)
Polisi mengangkut delapan remaja diduga sebagai dalang usai kericuhan di Mall AEON, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). - Antara/Andi Firdaus)

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkap bahwa pihak manajemen pengelola mall Aeon Jakarta Garden City atau JGC tercatat masih memiliki utang pembangunan fasilitas umum.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah menjelaskan bahwa utang tersebut salah satunya menyediakan lahan waduk seluas 25 hektar dan menuntaskan waduk dengan fasilitas pompa dan saluran air yang memadai.

"Jadi itu kewajibannya yang tertuang dalam SIPPT [Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah] yang ditandatangani antara Pemprov dan pihak JGC beberapa tahun lalu," jelas Saefullah, Selasa (25/2/2020).

Seperti diketahui, sekumpulan warga melakukan unjuk rasa di sekitar kawasan AEON Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).

Unjuk rasa ini merupakan buntut keresahan warga karena waduk Jakarta Garden City (JGC) meluapkan aliran air sampai menggenangi perumahan mereka pada Minggu (23/2/2020) hingga Selasa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkab bahwa Pemprov telah menemui pihak manajemen pengelola mall Aeon Jakarta Garden City pascabencana banjir sebelumnya.

"Minggu kita ke sana juga. Kemudian pengelola juga sudah dipanggil kemarin. Pengelola JGC itu dipanggil Senin kemarin," ujar Anies di pintu Air Manggarai, Selasa (25/2/2020).

Pihak Pemprov DKI Jakarta, pengelola Aeon Mall JGC, didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun telah menyepakati adanya pembangunan saluran sodetan.

Sodetan kali ini akan menuju Kali Banjir Kanal Timur (BKT) sehingga dampak luapan air dari utara dan selatan mall bisa tertampung. Pengerjaan sodetan berlangsung mulai hari ini.

Saat berita ini dibuat belum ada keterangan pihak pengelola JGC soal kewajiban menyediakan lahan waduk,

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta aeon mall
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top