Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada Virus Corona: Transjakarta Pastikan Kebersihan Bus dan Halte

Transjakarta telah melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan virus corona kepada mitra operator bus, petugas lapangan, dan seluruh karyawan kantor pusat dan depo sejak awal Februari 2020.
Armada bus Tranjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Armada bus Tranjakarta berada di Halte Harmoni, Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memastikan kebersihan bus dan halte demi pencegahan penyebaran infeksi virus corona (Covid-19).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta Nadia Diposanjoyo menjelaskan hal ini juga merupakan upaya Transjakarta, selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dalam mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai Instruksi Gubenur DKI Jakarta nomor 16 tahun 2020 terkait penanganan virus corona.

Transjakarta telah melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan covid-19 ini kepada mitra operator bus, petugas lapangan, dan seluruh karyawan kantor pusat dan depo sejak awal Februari 2020.

"Kini kami lebih agresif melakukan tindakan preventif hingga penanganan pencucian dan pembersihan interior bus menggunakan disinfektan," jelas Nadia dalam keterangan resminya, Senin (2/2/2020).

Nantinya, pada saat pencucian bus di depo, pihak Transjakarta mencuci bus dengan disinfektan khusus pada saat sebelum dan sesudah bus beroperasi, sedangkan di Halte alat tap on date juga akan selalu dibersihkan dengan disinfektan secara berkala.

Selain itu, Manajemen Transjakarta juga memastikan para petugas khusus Transjakarta untuk selalu membersihkan handgrip atau pegangan bus sebelum berangkat dari depo.

"Akan dibersihkan pada saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir Transjakarta dengan menyiagakan petugas Covid dan berkordinasi dengan tim penanganan Covid 19 Dinas Kesehatan Pemprov DKI," tambah Nadia.

Transjakarta mulai malam ini pun memperluas penyediaan hand sanitizer untuk pelanggan di 80 halte Transjakarta.

Petugas halte yang dibekali sarung tangan dan masker akan lebih mengaktifkan edukasi dan sosialisasi pencegahan virus kepada pelanggan melalui sosial media dan passenger information system yang ada pada seluruh halte.

"Perseroan juga menyiapkan alat deteksi suhu tubuh untuk memastikan pelaksanaan tindakan yang diperlukan apabila ada yang terdeteksi," tambahnya.

Di luar dari pada itu, Transjakarta menghimbau pelanggan mulai memperkuat ketahanan tubuh masing-masing.

"Ini bisa dimulai dengan asupan bergizi dan vitamin, membasuh tangan dengan alat pembersih steril dan menjaga agar tangan tidak serta merta berinteraksi dengan mulut, hidung dan mata tanpa dibersihkan terlebih dahulu," ujar Nadia.

Perseroan juga sudah berkordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan dan rumah sakit rujukan untuk melakukan kordinasi tindakan-tindakan yang dilakukan.

"Dengan ini, manajemen Transjakarta berharapmasyarakat bisa tetap menikmati layanan Transjakarta dengan nyaman. Selanjutnya, kami mengimbau kepada pelanggan untuk tetap menjaga ketahanan tubuh agar tidak mudah terpapar," tutup Nadia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler