Virus Corona, Anies: Jakarta Berisiko Tinggi, Kita Harus Amat Waspada

Pasien positif virus Corona di Jakarta merupakan yang terbanyak di Indonesia. Hal itu disadari Anies, dan ia berpesan untuk warga Ibu Kota untuk selalu waspada. Pemda akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan warga.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  09:42 WIB
Virus Corona, Anies: Jakarta Berisiko Tinggi, Kita Harus Amat Waspada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan situasi virus corona di DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020). JIBI - Bisnis/Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Ibu Kota mempunyai risiko tinggi penularan virus corona. Hal itu terlihat dari angka penambahan penularan virus Corona yang tertinggi ketimbang daerah lainnya.

Juru bicara Pemerintah kasus Covid-19, Achmad Yurianto, menyatakan jumlah kasus positif virus Corona kembali bertambah sebanyak 17 kasus per Senin (16/3/2020). Sebanyak 14 kasus di antaranya asal Jakarta. Total saat ini menjadi 134 kasus positif di Indonesia.

"Artinya di kota ini risiko itu tinggi dan kita harus amat waspada," kata Anies di Balai Kota DKI, Senin (16/3/2020).

Meski potensi penularan corona terbilang tinggi, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu, meminta warganya tidak panik. Warga juga diminta jangan meremehkan penularan virus yang pertama kali ditemukan di China ini.

"Ini adalah satu tantangan yang bukan kita sebagai kota pertama, bukan kita sebagai negara pertama. Kita bisa belajar dari tempat-tempat lain," ujarnya.

Anies mengimbau masyarakat disiplin dalam melakukan sosial distancing atau menjaga jarak aman. Menurut dia, sosial distancing ini amat penting dan mendasar dalam menjaga penyebaran virus Corona.

"Kami berharap kepada semua untuk bisa sama-sama menjalankan dengan sebaik-baiknya (social distancing)," ujarnya.

Anies Baswedan berujar pemerintah siap memfasilitasi warga, baik penyediaan transportasi yang aman hingga ketersediaan pangan, dalam menghadapi wabah corona. "Kami akan berusaha membuat warga merasa tenang, tenteram, walaupun berada di rumah dan berkegiatan di rumah," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona, covid-19

Sumber : Tempo

Editor : Andya Dhyaksa
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top