Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banjir Bantuan kepada DKI Jakarta dalam Mengatasi Virus Corona

Perwakilan lembaga amil zakat, dunia usaha, hingga partai politik, turut membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat beragam bantuan dalam berbagai bentuk demi membantu penanganan pandemi infeksi Virus Corona.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  20:26 WIB
Sisi selatan Monas pada Senin (9/3/2020) malam hari, kini dilengkapi plaza upacara setelah direvitalisasi. Kontraktor mengklaim pengerjaan telah rampung dan akan diserahterimakan dalam waktu dekat kepada Pemprov DKI Jakarta. JIBI - Bisnis/Aziz R
Sisi selatan Monas pada Senin (9/3/2020) malam hari, kini dilengkapi plaza upacara setelah direvitalisasi. Kontraktor mengklaim pengerjaan telah rampung dan akan diserahterimakan dalam waktu dekat kepada Pemprov DKI Jakarta. JIBI - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA - Perwakilan lembaga amil zakat, dunia usaha, hingga partai politik, turut membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat beragam bantuan dalam berbagai bentuk demi membantu penanganan pandemi infeksi virus Corona (Covid-19).

Salah satunya Baznas Bazis DKI Jakarta yang berinovasi membuat Ruang Basmi Kuman, sebuah bilik desinfektan yang berbeda dari biasanya. Yaitu berbentuk tunnel (terowongan) dan menggunakan sistem humidifier.

Sebagai permulaan, Baznas Bazis DKI menyerahkan alat ini di empat lokasi di Jakarta, yaitu kantor Balaikota Jakarta, Halte Transjakarta Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawit, dan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Luthfi Fathullah, mengungkapkan pihaknya kini telah mengerjakan instalasi Ruang Basmi Kuman lebih banyak lagi, agar nantinya dapat diipasang di fasilitas umum DKI Jakarta.

"Hanya saja ketersediaan kami alatnya sulit, jadi kami tidak berani menyebutkan berapa yang kami mampu. Akan tetapi nawaitunya [niatnya] 100, bahkan ada satu perusahaan udah nyumbang 10 alat. Kami tinggal bikin tunnel-nya saja," ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bazis DKI Jakarta, Saat Suharto, menjelaskan kelebihan dari Ruang Basmi Kuman.

Di antaranya, bentuknya yang mampu mengoptimalkan mobilitas, serta proses disinfektasinya menggunakan sistem pengembunan bukan penyemprotan seperti biasa, sehingga aman dihirup.

"Kita pilih juga tunnel dibandingkan kotak, diharapkan lebih optimal agar seluruh badan terkena embun disinfektannya. Untuk bahan aktif yang kita embunkan adalah benzalkonium chloride. Di pasaran merknya bermacam-macam, dan yang kita gunakan alhamdulillah izin dari Kemenkes, sertifikat halal, dan foodgrade, jadi kalau pun terhirup Insyaallah aman,” ungkapnya.

“Alat yang kita pilih berbeda dengan yang lain yang memakai sprayer, sedangkan kita menggunakan sistem Humidifiers. Kita harapkan butirannya lebih lembut dan lebih kena di badan,” ujarnya.

Sumbangsih ini diterima Plt Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sabdo Kurnianto, "Semoga kerjasama ini bisa menarik peran serta masyarakat yang lain bisa berkolaborasi. Kami sangat mengharapkan kebersamaan dalam rangka memberikan amal bakti kita kepada, secara khusus DKI Jakarta dan umumnya Indonesia," ucap Sabdo.

Selain Baznas, perwakilan dunia usaha diwakili Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta juga menyerahkan berbagai bantuan untuk tenaga medis dan kesehatan yang tengah menginap di hotel-hotel bantuan kelolaan Pemprov DKI Jakarta.

"Kami terpanggil kemarin bapak gubernur DKI begitu perhatiannya dengan para medis [menyediakan penginapan]. Pada hari ini kami, Kadin, ikut berpartusipasi meringankan beban pemprov yang begitu berat," jelasnya.

Penyediaan bantuan ini turut menggandeng CSR DKI Jakarta dan ITB berbentuk 200 galon hand sanitizer, sarung tangan karet 750 pasang, beras 2,5 ton, kue kaleng 500 kaleng, terigu 500 pak, minyak goreng 500 pak, dan bilik sterilisasi 12 unit.

Bantuan diterima oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, yang menekankan rasa terima kasih atas dukungan dan jembatan komunikasi yang baik antara Pemprov DKI Jakarta dengan dunia usaha.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta pun turut memberikan bantuan berupa 21 karton masker yang masing-masing karton isinya 2 ribu pcs dan totalnya 42 ribu pcs untuk tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit serta Puskesmas wilayah DKI Jakarta.

"Kami sadar bahwa ini belum seberapa, tapi kami berikhtiar maksimal untuk terus berkontribusi bagi kebaikan warga jakarta. Mudah mudahan apa yang disampaikan oleh PKS ini bisa sedikit membantu Pemprov DKI, khususnya tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas di unit pelayanan kesehatan DKI," jelas ketua DPW PKS DKI, Syakir Purnomo.

Bantuan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Wilayah DKI Jakarta.

Saefullah menjelaskan seluruh bantuan akan dikumpulkan di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lantai 2 Blok G Balai Kota DKI Jakarta yang akan dijaga selama 24 jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top