Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Atasi Covid-19, Bupati Tangerang Tak Pilih Lockdown

Zaki mengatakan banyak pertimbangan mengapa Kabupaten Tangerang belum membatasi perpindahan orang yang masuk maupun keluar wilayah seperti saat ini, meski wabah Covid-19.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  08:53 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar - Antara
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan tidak akan menerapkan karantina wilayah atau lockdown dalam membatasi penyebaran wabah Covid-19.

"Tidak ada karantina wilayah," ujar Zaki, Selasa (31/3/2020).

Zaki mengatakan banyak pertimbangan mengapa Kabupaten Tangerang belum  membatasi perpindahan orang yang masuk maupun keluar wilayah seperti saat ini, meski wabah Covid-19. 

"Salah satunya siapa yang ngasih makan 4 juta orang (warga Kabupaten Tangerang), terus bagaimana dengan warga yang berbatasan wilayah lain seperti dengan Kota Tangerang dan Tangsel?," kata Zaki.

Menurut bupati Tangerang, letak geografis Kabupaten Tangerang, padatnya permukiman penduduk dan faktor sosial dan ekonomi menjadi faktor pertimbangan pemerintah Kabupaten Tangerang tidak menerapkan karantina wilayah. "Jadi sulit untuk dilakukan (karantina wilayah)," katanya.

Begitu juga ketika DKI Jakarta melakukan karantina wilayah karena corona, Kabupaten Tangerang bergeming.

Menurut Zaki, jika Jakarta lockdown, dampak yang ditimbulkan Kabupaten Tangerang mengarah pada masalah sosial.

"Efeknya terhadap warga Kabupaten Tangerang yang bekerja di Jakarta," katanya.

Sebagai ganti karantina wilayah atau lockdown, Zaki memilih untuk lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga jarak aman, tetap mengimbau masyarakat untuk tetap belajar, bekerja dan beribadah di rumah, bekerjasama dengan TNI-Polri dalam menerapkan larangan keramaian, berkumpul di masyarakat.

"Dan kami gencar melakukan penyemprotan disinfektan area-area publik seperti jalan, pasar tradisonal, gedung pemerintahan setiap 2-3 hari," kata Zaki.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang Virus Corona

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top