Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Memperluas Layanan Konsultasi Psikologis Terkait Covid-19

Sampai dengan 27 April 2020, terdapat total 115 kolaborator yang telah berpartisipasi dalam layanan konsultasi psikologis di DKI Jakarta.
Ilustrasi virus corona/Antara-Shutterstock
Ilustrasi virus corona/Antara-Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memperluas layanan kesehatan jiwa bagi pasien positif Covid-19 dan keluarganya, orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) di DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan layanan ini diberikan oleh psikolog yang bertugas di seluruh Puskesmas di DKI Jakarta.

"Sampai dengan 27 April 2020 telah memberikan layanan kesehatan jiwa atau kesehatan mental terhadap masyarakat terdampak Covid-19 kepada 1.730 klien, baik OTG, ODP, PDP, maupun keluarganya," ujar wanita yang akrab disapa dokter Lies ini, Selasa (28/4/2020).

Selain kepada masyarakat, Lies menjelaskan bahwa layanan kesehatan mental juga diberikan untuk jajaran garda terdepan penanganan Covid-19.

Misalnya, tenaga kesehatan dan medis, serta tenaga penunjang yang terlibat. Juga petugas pelayanan call center, sebagai mekanisme self healing yang mungkin harus bekerja dalam situasi kritis dan segera.

"Pemprov DKI Jakarta juga memberikan pembekalan terhadap agen call center 112 dalam memberikan pertolongan pertama pada krisis psikologis akibat dampak Covid-19 yang mungkin dialami warga yang mengakses call center 112," jelas Lies.

Untuk layanan secara online, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyediakannya via website pada situs https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id/. Bagi masyarakat yang mengakses, akan diberikan layanan konseling oleh Psikolog yang bertugas di Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta.

Di samping pelayanan kesehatan jiwa yang merupakan buah kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah membantu dan berkolaborasi menangani pandemi Covid-19.

Sampai dengan 27 April 2020, terdapat total 115 kolaborator yang telah berpartisipasi yang berasal dari Lembaga Usaha, LSM/OMS, Badan PBB, Universitas, kementerian dan setingkat kementerian, dan perorangan.

Adapun, bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi, dukungan / bantuan yang masih dibutuhkan adalah alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, disinfektan, dan natura.

Dukungan dapat langsung disampaikan ke Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) melalui Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota, Blok G Lantai 2 atau melalui kanal jdcn.jakarta.go.id dan Chat Center di nomor 081196000196 dan 081196000197.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper