Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov DKI Memperluas Layanan Konsultasi Psikologis Terkait Covid-19

Sampai dengan 27 April 2020, terdapat total 115 kolaborator yang telah berpartisipasi dalam layanan konsultasi psikologis di DKI Jakarta.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 28 April 2020  |  17:22 WIB
Ilustrasi virus corona - Antara/Shutterstock
Ilustrasi virus corona - Antara/Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memperluas layanan kesehatan jiwa bagi pasien positif Covid-19 dan keluarganya, orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) di DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia menjelaskan layanan ini diberikan oleh psikolog yang bertugas di seluruh Puskesmas di DKI Jakarta.

"Sampai dengan 27 April 2020 telah memberikan layanan kesehatan jiwa atau kesehatan mental terhadap masyarakat terdampak Covid-19 kepada 1.730 klien, baik OTG, ODP, PDP, maupun keluarganya," ujar wanita yang akrab disapa dokter Lies ini, Selasa (28/4/2020).

Selain kepada masyarakat, Lies menjelaskan bahwa layanan kesehatan mental juga diberikan untuk jajaran garda terdepan penanganan Covid-19.

Misalnya, tenaga kesehatan dan medis, serta tenaga penunjang yang terlibat. Juga petugas pelayanan call center, sebagai mekanisme self healing yang mungkin harus bekerja dalam situasi kritis dan segera.

"Pemprov DKI Jakarta juga memberikan pembekalan terhadap agen call center 112 dalam memberikan pertolongan pertama pada krisis psikologis akibat dampak Covid-19 yang mungkin dialami warga yang mengakses call center 112," jelas Lies.

Untuk layanan secara online, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyediakannya via website pada situs https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id/. Bagi masyarakat yang mengakses, akan diberikan layanan konseling oleh Psikolog yang bertugas di Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta.

Di samping pelayanan kesehatan jiwa yang merupakan buah kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah membantu dan berkolaborasi menangani pandemi Covid-19.

Sampai dengan 27 April 2020, terdapat total 115 kolaborator yang telah berpartisipasi yang berasal dari Lembaga Usaha, LSM/OMS, Badan PBB, Universitas, kementerian dan setingkat kementerian, dan perorangan.

Adapun, bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi, dukungan / bantuan yang masih dibutuhkan adalah alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, disinfektan, dan natura.

Dukungan dapat langsung disampaikan ke Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) melalui Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota, Blok G Lantai 2 atau melalui kanal jdcn.jakarta.go.id dan Chat Center di nomor 081196000196 dan 081196000197.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top