Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Anies: Tak Ada Pelonggaran PSBB di Jakarta!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa tidak akan ada pelonggaran PSBB menjelang Hari Raya Lebaran atau Idulfitri.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  19:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa menjelang Hari Raya Lebaran atau Idulfitri 1441 H, tidak akan ada pelonggaran aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Anies pun telah menerbitkan Peraturan Gubernur No.47 tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Jumat (15/5/2020).

"Di Jakarta sendiri, PSBB masih berlaku dan tidak ada kebijakan pelonggaran. Tidak ada kebijakan membolehkan aktivitas seperti sebelum PSBB. Kita sekarang ini di fase amat menentukan sejak bulan Maret kita mengurangi kegiatan. Alhamdulillah berkembangannya positif. Tapi kita harus menuntaskan beberapa waktu lagi," ujar Anies dalam konferensi pers jarak jauh, Jumat (15/5/2020).

Anies berharap peraturan ini mampu menjadi acuan penindakan bagi warga yang masih nekat bepergian di tengah PSBB. Izin tersebut akan dilengkapi dengan kode QR sebagai pengecek keaslian, dan hanya mengakomodasi karyawan di 11 sektor yang dikecualikan dan petugas yang berkepentingan dalam penanganan Covid-19. 

Di luar itu, tidak akan diberi izin dan mendapat konsekuensi sanksi denda, dipulangkan kembali ke tempat asal perjalanannya, melakukan karantina selama 14 hari di tempat yang ditunjuk oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi atau Kota/Kabupaten Administrasi wilayah DKI Jakarta.

"Makanya kami minta masyarakat tetap berada di rumah, tidak bepergian, apalagi menjelang masa-masa yang banyak hari liburnya, Sabtu-Minggu besok, kemudian hari Kamis besok ada libur, Sabtu-Minggu ada lebaran. Ini [aturan] adalah momentum kita menjaga tetap berada di rumah," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan Virus Corona covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top