Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Calon Peserta Didik Baru Jalur Bina RW Diminta Melapor Hari Ini

Calon peserta didik baru bisa mulai melakukan lapor diri mulai Senin (6/7/2020) pukul 00:01 – 16:00 WIB.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  11:23 WIB
Orangtua siswa mengantarkan anaknya mendaftar sekolah di SMP 115, Jakarta, Senin (24/6/2019). - Antara
Orangtua siswa mengantarkan anaknya mendaftar sekolah di SMP 115, Jakarta, Senin (24/6/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menggelar pendaftaran Calon Peserta Didik Baru (CPDB) dari rumah untuk menghindari adanya kerumuman di sekolah. Mulai hari ini, CPDB yang sudah diterima melalui jalur Zonasi Bina RW bisa melakukan lapor diri.

Mengutip dari laman ppdb.jakarta.go.id, calon peserta didik baru bisa mulai melakukan lapor diri mulai Senin (6/7/2020) pukul 00:01 – 16:00 WIB. Peserta didik yang sudah melapor diri tidak bisa mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur lain.

Untuk melakukan lapor diri secara daring, CPDB diminta untuk melakukan beberapa hal. Pertama, membuka laman https://ppdb.jakarta.go.id.

Kemudian, login di jalur Zonasi Bina RW Sekolah dan klik tombol lapor diri. Selanjutnya, CPDB dapat mencetak dan menyimpan bukti lapor diri.

Proses ini tidak boleh terlewat, karena bagi peserta didik yang sudah terdaftar, tapi tidak melakukan akan dianggap mengundurkan diri.

Adapun, jalur Zonasi Bina RW ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang ingin masuk SMP dan SMA, dan tidak berlaku bagi CPDB SD dan SMK.

Selain itu, jalur tersebut juga diperuntukkan bagi CPDB yang berdomisili di RW yang sama dengan RW sekolah pilihan.

Kuota PPDB Jalur Zonasi untuk Bina RW Sekolah paling banyak 4 (empat) peserta didik per rombongan belajar.

Dalam jalur Zonasi Bina RW, calon peserta didik hanya dapat memilih satu sekolah dan satu peminatan khusus siswa SMA. Domisili Calon Peserta Didik Baru terdata di RW yang sama dengan RW sekolah pilihan.

Kemudian, jika jumlah CPDB yang berdomisili di RW yang sama dengan RW sekolah pilihan ternyata melebihi daya tampung, dilakukan seleksi berikutnya dengan mengurutkan usia CPDB dari usia tertua ke usia termuda.

Bagi CPDB yang diterima tetapi tidak lapor diri juga tak perlu panik, karena peserta dapat mengikuti PPDB Tahap Akhir selama masih tersedia bangku kosong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta pendidikan PPDB Online
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top