Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 Jakarta, Dua Pengungsi Asing di Kalideres Positif

Seorang ibu dan seorang anak dari keluarga berbeda terkonfirmasi positif Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  14:23 WIB
Pengungsi warga negara asing menjalani tes usap massal di gedung eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/7/2020). - ANTARA/Devi Nindy
Pengungsi warga negara asing menjalani tes usap massal di gedung eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/7/2020). - ANTARA/Devi Nindy

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta mendapat penambahan dari pengungsi warga negara asing.

Dua pengungsi asing di gedung eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat terdeteksi positif Covid-19 dari hasil tes usap yang diselenggarakan Puskesmas Kalideres beberapa waktu lalu.

Hal itu dikonfirmasi Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

"Iya, dua orang," ujar Kristy. 

Dua orang warga negara asing yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang ibu dan anak berusia enam tahun, dari keluarga yang berbeda.

Kristy mengatakan hasil tersebut didapatkan dari 196 orang pengungsi asing dalam empat sesi tes usap. Tes usap pertama dilaksanakan pada Rabu (22/7).

"Pemeriksaan 50 orang per hari selama empat hari. Hasil tes usap pertama sudah keluar, dua orang positif. Hasil tes usap lainnya belum keluar," kata Kristy.

Untuk saat ini, pihak Kesbangpol Jakarta Barat tengah berkoordinasi dengan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) selaku otoritas yang bertanggungjawab menangani pengungsi.

"Dua pengungsi itu isolasi mandiri di tempat pengungsian. Kesbangpol koordinasi dengan UNHCR," kata Kristy.

Sementara itu, salah seorang pengungsi asing, Wahid Ali, mengaku khawatir jika dua pengungsi asing positif Covid-19 menularkan virus pada seluruh pengungsi di gedung eks-Kodim.

Terlebih, di lokasi tersebut belum dilakukan disinfeksi.

"Kami takutnya kalau isolasi di sini justru jadi menularkan ke yang lain," ucap pengungsi asal Afghanistan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top