Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Panjang, Polres Bogor Siagakan 360 Personil di Jalur Puncak

Polres Bogor memprediksi puncak kepadatan volume kendaraan di jalur puncak akan berlangsung pada hari ini, Kamis (20/8/2020) hingga Minggu (23/8/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  20:14 WIB
Kendaraan roda empat menggunakan jalur
Kendaraan roda empat menggunakan jalur "contraflow" menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO - Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Polres Bogor, Polda Jawa Barat menyiagakan sebanyak 360 petugas untuk mengurai kemacetan di Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor selama libur panjang tahun baru islam 1442 Hijriah.

"Kami berlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak Bogor. Karena kondisi saat ini libur panjang di akhir pekan dan pasti akan berdampak pada peningkatan volume kendaraan," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda, Kamis (20/8/2020).

Dia memprediksi bahwa peningkatan volume kendaraan di jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu akan berlangsung pada hari ini hingga Minggu (23/8/2020) mendatang.

"Prediksi kami Sabtu nanti puncak kepadatannya dan saat itulah arus wisatawan yang menuju ke Puncak bertemu dengan arus kendaraan yang akan pulang ke Jakarta," ujarnya.

Fitra mengatakan, jika hari ini hingga Sabtu peningkatan kendaraan terjadi pada arah Jakarta menuju Puncak, sebaliknya pada hari Minggu (23/8/2020) dia memprediksi peningkatan volume kendaraan akan didominasi oleh warga yang menuju ke arah sebaliknya atau menuju Jakarta.

"Minggu diprediksi merupakan arus balik wisatawan dari Puncak menuju Bogor atau Jakarta. Pada masa ini, diperkirakan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor Jakarta akan lebih lama," kata Fitra.

Meski begitu, menurutnya peningkatan volume kendaraan itu akan dibarengi dengan rekayasa lalu-lintas, agar tidak terjadi penumpukan. Rekayasa lalu lintas itu berupa pemberlakuan one way atau satu arah secara tentatif.

"Untuk sistem satu arah, kami akan terapkan melihat kondisi arus lalu lintas di lapangan," ujarnya.

Sistem satu arah diberlakukan pada pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke Puncak dan sore hari ke arah sebaliknya yaitu dari Puncak menuju ke Jakarta.

"Kami siagakan petugas di titik-titik yang menurut kami rawan kemacetan. Hal ini untuk mengurangi potensi kemacetan dan penumpukan kendaraan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemacetan Liburan jalur puncak
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top