Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Putera Sampoerna Foundation Terus Tingkatkan Mutu Sekolah di Tanah Air

Berbagai cara meningkatkan kualitas pendidikan sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Salah satu sektor swasta yang telah mendukung hal ini yaitu Putera Sampoerna Foundation sejak tahun 2001.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 10 September 2020  |  17:47 WIB
LSP Putera Sampoerna Foundation di Buleleng
LSP Putera Sampoerna Foundation di Buleleng

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai cara meningkatkan kualitas pendidikan sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Upaya ini akan semakin optimal jika sektor swasta dan masyarakat turut terlibat. Putera Sampoerna Foundation sudah terlibat dalam hal ini sejak tahun 2001.

Ada sejumlah inisiatif yang dibentuk oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) diantaranya seperti:

  • Sampoerna School System. Sistem pendidikan yang diterapkan pada institusi pendidikan milik PSF. Melalui Sampoerna Academy dan Sampoerna University, sebagai Institusi pendidikan dengan kurikulum internasional yang memfasilitasi anak-anak Indonesia untuk mendapat pendidikan berkualitas dan memiliki gelar yang diakui dunia.
  • School Development Outreach. Sebuah rangkaian program untuk Pengembangan Sekolah, Pengembangan Guru, Dukungan Pendidikan, dll.

School Development Outreach untuk Mendorong Peningkatan Pendidikan Indonesia.

School Development Outreach (SDO) pada dasarnya adalah lembaga berada dibawah Sampoerna University. Lembaga ini menjadi wadah pengabdian masyarakat demi tercapainya pendidikan berkualitas di Indonesia.

Program SDO menghadirkan rencana pengembangan sekolah yang berkualitas secara khusus dan pengembangan pendidikan berkualitas secara umum. Pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh SDO kontekstual dengan perkembangan zaman.

Program pengembangan pendidikan ini memanfaatkan berbagai produk teknologi secara maksimal, potensi-potensi siswa diberdayakan dengan baik, pelaksanaan programnya juga berkelanjutan.

LSP, Inisiatif Unggulan School Development Outreach

Pada SDO terdapat program Lighthouse School Program (LSP) yang saat ini menjadi inisiatif unggulan. Pada program ini, sekolah-sekolah umum akan didampingi untuk bisa melakukan pengembangan, dan menjadi sekolah unggul. Sekolah umum yang menjadi sasarn LSP diharapkan bisa menjadi panutan bagi sekolah-sekolah lain di lingkungan sekitarnya.

Pada program LSP ini, pihak SDO akan melakukan intervensi secara intensif selama 3 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, sekolah diharapkan sudah bisa memenuhi atau melebihi standar pendidikan yang sudah ditetapkan pada program LSP.

Pengembangannya menitikberatkan pada metode pembelajaran yang kontekstual dan visioner; pengembangan kompetensi profesional guru, pengembangan pada pengelolaan manajemen sekolah, pengembangan pada kapasitas siswa, dan memberdayakan komunitas sekolah.

Pada pelaksanaan program LSP, pihak sekolah juga akan diarahkan untuk bisa melaksanakan STEAM Education. Maksudnya, pendidikan yang berfokus pada Science, Technology, Engineering, Arts & Mathematics. Pelajaran Bahasa Inggris juga akan dioptimalkan karena menjadi tuntutan industri kedepannya nanti.

STEAM Education ini akan membentuk siswa memiliki skill 5C, yaitu: critical thinking and problem solving; communications; collaboration; creativity and innovation; character development. Pendidikan berbasis STEAM digagas oleh Amerika dan mulai diadopsi beberapa negara lainnya. Selain manajemen sekolah dan metode pembelajaran yang harus di upgrade, program ini juga akan meningkatkan kompetensi guru.

Para guru adalah ujung tombak. Merekalah yang akan menyampaikan pembelajaran pada siswa. Selain daya tangkap siswa, kapasitas guru dalam menyampaikan materi juga akan berpengaruh terhadap perkembangan siswa.

Untuk mencapai hal tersebut, dibuat juga Teacher Learning Centre (TLC). Ini adalah wadah yang nantinya bisa menjadi tempat para guru mengembangkan kompetensi mereka.

TLC adalah suatu komunitas guru. Di komunitas tersebut terdapat guru master yang menjadi pemandu. Guru-guru bisa berjejaring di komunitas ini. TLC juga menyediakan akses bagi seluruh guru untuk mendapat materi pembelajaran yang berkualitas.

PSF-SDO juga bermitra dengan beberapa akademisi berkualitas. Mereka akan membawa praktik pendidikan terbaik, berlevel dunia dan akan diajarkan bagi para guru. Para guru akan mendapatkan pembelajaran dengan formulasi teori dan praktek yang diseimbangkan.

Melalui program ini, setidaknya sudah ada 855 sekolah dan 40 Madrasah yang merasakan manfaatnya. Keterlibatan Putera Sampoerna Foundation pada peningkatan pendidikan diharapkan bisa mendukung program pemerintah. Dengan berkembangnya pendidikan di Indonesia, akan semakin banyak SDM unggul dihasilkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

putera sampoerna foundation
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top