Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konsumsi Roti Sari Roti sebagai Alternatif Makanan Pokok, Mengapa Tidak?

Makanan pokok orang Indonesia yaitu nasi. Tetapi ada alternatif makanan lain yang bisa dijadikan makanan pokok salah satunya roti. Di antara banyak roti yang beredar, roti Sari Roti adalah jenis roti yang cukup terkenal baik oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 13 September 2020  |  11:08 WIB
Source : Alinea.id
Source : Alinea.id

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan pokok di Indonesia adalah nasi. Bahkan, pandangan kalau belum makan nasi berarti belum makan masih kuat mengakar di banyak orang.

Meskipun demikian, tidak jarang juga orang-orang mulai mencari alternatif lain sebagai makanan pokok karena kandungan karbohidrat dalam nasi sangat mudah mengikat zat apa pun. Salah satu alternatifnya adalah makan roti.

Di antara banyak roti yang beredar, roti Sari Roti adalah jenis roti yang cukup terkenal baik oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Ekspansi iklan dari brand yang satu ini memang tidak main-main. Meskipun demikian, apakah Anda mengetahui beberapa informasi di bawah ini?

  1. Tentang Sari Roti

Terkenalnya merek roti yang satu ini sebenarnya tidak perlu membuat heran. Meskipun masyarakat Indonesia masih makan nasi sebagai makanan pokok, banyak masyarakat perkotaan yang telah memilih roti sebagai makanan di kala sarapan. Nah, merek Sari Roti termasuk merek yang terkenal karena memang sudah eksis semenjak tahun 1995. Terhitung sudah 25 tahun brand yang satu ini berdiri.

Tidak hanya karena produknya yang memang enak, harganya pun masih sangat ramah di kantong orang Indonesia. Produk-produknya pun praktis untuk dibawa ke mana pun sehingga banyak yang menggunakan produknya untuk teman travelling. Tidak hanya itu, brand asli Indonesia ini juga selalu menciptakan inovasi baru.

  1. Apa yang Membuat Produknya Banyak Digemari?

Sudah disebutkan sebelumnya kalau produk roti paling terkenal di Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat. Hal itu tidak mengherankan karena produknya terbuat dari 100% gandum utuh. Tidak hanya nikmat, roti yang berasal dari 100% gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan terutama proses pencernaan. Anda pun tidak akan bosan menikmati Sari Roti karena rasa dan jenisnya yang memang sangat beragam.

Selain rasa, produk yang satu ini memiliki kandungan serat yang banyak. Jadi, tidak hanya membuat perut kenyang, pencernaan pun juga semakin lancar. Kalau Anda sedang melakukan program diet, tentu nasi adalah musuh terbesar.

Untuk itu, pindah saja ke roti gandum buatan Sari Roti. Tidak hanya kandungan serat yang banyak, produknya juga bebas bahan kimia, seperti pengawet. Tidak heran jika roti buatannya memang tidak bisa bertahan lama karena menggunakan bahan pengawet alami.

  1. Manfaat Roti dari Gandum Alami

Sudah disebutkan sebelumnya kalau produk Sari Roti terbuat dari gandum alami. Manfaat utamanya tentu sangat baik untuk tubuh terutama pencernaan. Selain itu, banyak manfaat dari roti gandum yang satu ini, lho! Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan lengkapnya ini, ya.

a. Lebih Lama Kenyang

Ketika lapar, insting pertama Anda pasti mencari makanan. Kalau belum jam makan, pasti Anda mencari camilan. Nah, mengonsumsi roti gandum di kala lapar adalah salah satu alternatif bagus untuk Anda yang ingin tidak cepat lapar lagi. Tidak hanya baik untuk diet, Anda yang sedang melaksanakan puasa pun sebenarnya lebih baik mengonsumsi roti gandum ini.

b. Alternatif Sumber Energi

Masih berkaitan dengan kandungan yang ada di dalam roti gandum, manfaat yang pastinya tidak bisa dibantah adalah untuk sumber energi. Sama halnya dengan nasi, kandungan paling banyak di dalam roti gandum adalah karbohidrat. Hanya saja, jenis karbohidratnya memang tidak sama dengan karbohidrat di nasi. Untuk itu, mengonsumsi roti terutama di kala sarapan sebenarnya tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga untuk pikiran. Roti bisa dijadikan sebagai sumber energi untuk bergerak dan berpikir sekaligus.

b. Membentuk Otot

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal? Tentunya semua orang menginginkannya, ya. Hanya saja, butuh kerja keras karena tidak hanya diet yang Anda butuhkan tetapi juga berolahraga. Tahukah Anda? Dalam sebuah penelitian ternyata terbukti kalau makan roti terutama sebagai sarapan sangat efektif untuk membentuk otot. Kalau ingin mendapatkan tubuh ideal lebih cepat, ganti saja makanan utama Anda menjadi roti, ya.

4. Roti Terbaik dari Sari Roti yang Wajib Dicoba!

Karena manfaatnya yang tidak main-main, tentunya Anda perlu mencoba produk roti yang satu ini, ya. Produk asli dari Jawa Barat ini menciptakan banyak variasi produk yang rasanya tidak terhitung. Dari banyaknya produk yang diciptakannya, ada lima produk yang rasanya tidak patut untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa produk yang bisa dijadikan sebagai sarapan maupun teman travelling.

a. Roti Isi

Varian pertama yang wajib dicoba adalah salah satu produk siap makannya, yakni roti isi. Roti ini adalah roti yang bentuknya bulat serta memiliki tekstur lembut. Roti isi ini sangat cocok untuk teman sarapan pagi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan. Anda bisa memilih satu di antara banyak varian rasanya. Ada beberapa varian rasa mulai dari cokelat, sarikaya, coklat keju, stroberi, keju, dan pisang cokelat. Makanlah dengan ditemani teh atau susu hangat, maka rasanya akan lebih nikmat.

b. Roti Isi Krim

Masih dengan jajaran roti siap makannya, roti yang wajib Anda coba adalah roti isi krim. Dari segi rasa, sebenarnya mirip dengan roti ini, tetapi rasanya lebih creamy dan tekstur isinya sangat berbeda. Dari bentuknya sudah sangat berbeda dengan roti isi karena roti isi krim memiliki bentuk lonjong. Ketika membukanya, ada krim dengan rasa tertentu yang menggoyang lidah. Sama seperti roti isi, varian rasanya pun cukup beragam, yakni mulai dari krim keju, cokelat, cappucino, tiramisu, mocca, hingga cokelat vanilla. Harga roti isi krim pun lebih terjangkau karena harganya dibanderol sekitar 5000-an.

c. Roti Sobek

Nah, beralih ke roti yang tidak hanya cocok untuk teman sarapan, tetapi juga teman travelling, yakni roti sobek. Roti sobek cocok untuk teman travelling karena ukurannya cukup besar. Jadi, Anda bisa memakannya untuk makan pagi, siang, dan sore atau pun memakannya dengan sanak kerabat. Dengan harga 15 ribuan, Anda bisa memilih satu di antara varian rasa yang disediakan. Beberapa varian yang disediakan adalah cokelat, cokelat keju, cokelat stroberi, cokelat blueberry, dan cokelat sarikaya.

d. Roti Sandwich

Berikutnya, ada roti sandwich yang merupakan salah satu varian yang cukup laris. Berbeda dengan varian lainnya yang siap makan, bentuk roti sandwich ini layaknya roti tawar tetapi ada isiannya. Roti yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai rasa pinggiran roti bekas panggangan. Ukuran dan rasa dari roti sandwich cukup banyak. Ada roti berukuran jumbo untuk Anda yang tidak kenyang dengan ukuran roti yang biasa. Lalu, rasanya juga cukup beragam mulai dari rasa manis hingga rasa asin. Beberapa varian rasanya antara lain, cokelat, kacang, blueberry, cokelat stroberi, krim kacang, krim kacang, sarikaya, hingga tuna mayo, lho!

e. Roti Tawar

Jenis roti terakhir yang wajib dicoba adalah roti tawar. Berbeda dengan varian sebelumnya, varian roti tawar ini bisa diolah sesuai dengan kemauan. Kamu bisa menambahkan selai atau bahkan menjadikannya roti panggang atau roti bakar. Jenis roti tawar yang disediakan juga beragam bergantung pada jumlah serta variannya. Beberapa varian yang disediakan adalah roti tawar biasa, roti tanpa pinggiran, roti double soft, roti tawar rasa pandan, hingga chocochips pun ada. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 12 hingga 20 ribuan.

5. Cara Menyimpan Roti yang Tepat

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau roti dari Sari Roti tidak menggunakan bahan kimia. Untuk itu, daya tahannya biasanya tidak lama. Nah, untuk membuatnya tahan lebih lama, sebenarnya Anda bisa melakukan beberapa cara. Contohnya saja, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingan. Hanya saja, ada langkah tertentu supaya Anda tidak salah menyimpannya. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diikuti.

a. Bungkus Roti dengan Tepat

Jangan keluarkan roti kalau memang tidak dimakan. Roti yang masih dalam bungkusan bisa bertahan lebih lama karena bertahan dalam kelembapan alaminya. Tempat terbaik untuk menyimpan roti adalah di dalam plastic atau aluminium foil. Beruntunglah kalau Anda membeli roti Sari Roti karena roti tersebut tersegel dalam plastik pembungkus. Dengan begitu, daya tahan rotinya pun lebih terjaga dengan baik.

b. Letakkan Roti dalam Suhu yang Tepat

Agar roti bisa tahan lama, Anda harus meletakkannya minimal dalam suhu ruang. Suhu paling tepat adalah sekitar 20 derajat celcius. Pastikan roti jauh dari sinar matahari langsung. Tempat paling tepat untuk menyimpannya adalah di kotak roti atau lemari dapur. Pastikan menyimpan dalam suhu ruang tersebut tidak lebih dari dua hari, ya.

c. Bekukan Roti yang Belum Termakan

Dalam satu bungkus roti tawar, biasanya isinya minimal ada lebih dari lima. Tidak mungkin Anda langsung menghabiskannya, ya. Untuk itu, Anda bisa membekukannya kalau ada lemari es di rumah. Sebelum dimasukkan pembeku, pastikan roti sudah masuk dalam kantong plastik pembeku. Tulis tanggal meletakkannya dan tanggal kadaluarsanya supaya roti bisa segera dimakan.

d. Sebisa Mungkin, Segera Habiskan Roti

Menyimpan roti di dalam kulkas, bisa membuat roti mudah lembap dan sekali mengeluarkannya akan mudah rusak karena molekul di dalamnya sudah mengeras. Untuk itu, sebisa mungkin hindari membekukan roti kalau tidak kepepet. Untuk menghindari pembekuan, sebenarnya Anda bisa membeli roti dalam jumlah cukup supaya roti bisa cepat habis. Saying sekali kalau roti harus terbuang tanpa dimakan, ya.

e. Beberapa Tips Tambahan

kalau Anda akan menyimpan roti dalam waktu lama, sebaiknya pilih roti dengan pinggiran karena daya tahan roti jenis itu lebih lama dibandingkan roti tanpa pinggiran. Lalu, roti yang memiliki kandungan lemak atau minyak lebih biasanya lebih tahan lama. Contoh roti yang lebih tahan lama adalah roti yang bahannya dari mentega, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa serba-serbi mengenai roti dan juga brand roti paling terkenal di Indonesia, yakni Sari Roti. Roti dengan harga merakyat ini memang selalu membuat ketagihan karena variannya yang termasuk banyak. Tidak hanya itu, kandungan gizinya juga membuat roti yang satu ini cocok dijadikan alternatif makanan pokok. Anda bisa mencobanya terutama kalau sedang berada di program diet, ya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sari roti
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top