Tips Bepergian yang Aman Saat Pandemi yang Wajib Anda Tahu

Mereka yang berani mengambil resiko menantang virus corona tentu perlu memiliki tips bepergian yang aman saat pandemi.
Foto: Dok. unsplash
Foto: Dok. unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - Anda punya rencana bepergian di saat pandemi? Jika Anda terpaksa harus melakukan perjalanan karena tugas, terapkan tips bepergian yang aman saat pandemi.

Ada sebagian orang yang terpaksa harus bepergian di masa pandemi covid-19 karena alasan suatu pekerjaan atau hal-hal lain yang bersifat darurat. Mereka yang berani mengambil resiko menantang virus corona tentu perlu memiliki tips bepergian yang aman saat pandemi.

Jika Anda termasuk orang yang harus melakukan perjalanan di masa pandemi. Anda juga harus memperhatikan beberapa tips aman selama bepergian di masa pandemi covid-19.

Hindari Transportasi Umum

Transportasi umum dinilai sebagai tempat yang memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran virus corona. Untuk itu, saat bepergian, sebaiknya Anda menghindari menggunakan transportasi umum untuk menghindari kontak dengan orang lain.

Agar lebih aman dalam perjalanan, disarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi atau taksi saat hendak menuju bandara. Jika terpaksa harus menggunakan transportasi umum maka Anda harus menerapkan protokol kesehatan, misalnya tidak banyak menyentuh benda-benda di dalam transportasi umum.

Pakai Masker

Di saat pandemi, masker menjadi pakaian wajib yang harus dikenakan oleh setiap orang yang sedang melakukan perjalanan. Meski Anda tidak menunjukkan gejala terpapar virus corona, masker wajib dikenakan. Penggunaan masker juga merupakan cara aman saat bepergian di masa pandemi covid-19.

Penggunaan masker harus dilakukan secara benar sesuai prosedur. Misalnya, masker harus menutup seluruh bagian mulut, hidung, dan dagu. Pemakaian masker yang benar bisa menghambat penularan virus corona.

Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer

Sering cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer juga menjadi salah satu tips aman saat bepergian di saat pandemi. Tangan yang selalu terjaga kebersihannya dapat mengurangi resiko penyebaran covid-19.

Saat bepergian, cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sesering mungkin. Selain hand sanitizer, Anda juga perlu membawa tisu basah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika Anda terpaksa sulit menemukan air untuk cuci tangan.

Hindari Menyentuh Mata, Mulut, dan Hidung

Mata, mulut, dan hidung adalah bagian tubuh yang digunakan virus corona untuk menyerang paru-paru. Untuk itu, tips bepergian agar aman di masa covid-19 adalah dengan tidak menyentuh ketiga bagian tersebut.

Meskipun Anda yakin tangan sudah bersih karena rajin dicuci atau pakai hand sanitizer. Namun, tetap saja Anda tidak boleh sembarangan menyentuh tiga bagian itu. Makanya, untuk perlindungan ganda, gunakan selalu masker saat bepergian.

Bawa Alat Makan dan Minum Sendiri

Tidak masalah untuk sementara waktu Anda membawa makanan dan minuman sendiri saat bepergian. Anda harus mencoba menghindari kontak dengan orang-orang yang tidak Anda kenal. Dengan membawa bekal sendiri sekaligus Anda bisa lebih berhemat.

Perbanyak Minum Air Mineral

Virus corona umumnya akan mudah menyerang melalui tenggorokan yang kering. Untuk itu, Anda harus banyak mengkonsumsi air minum mineral. Air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus sebagai benteng pertahanan dari serangan covid-19.

Melakukan Vaksinasi

Untuk perlindungan maksimal terhadap risiko penularan covid-19 saat Anda melakukan perjalanan, tips perjalanan aman saat pandemi yang lain adalah dengan melakukan vaksinasi.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat imunitas tubuh Anda. Orang dengan imunitas rendah umumnya lebih berisiko tertular ketimbang yang punya daya tahan tubuh kuat.

Pilih Duduk Dekat Jendela

Meski maskapai penerbangan sudah menerapkan pengamanan maksimal. Namun, tetap saja Anda harus mengikuti protokol kesehatan ketika bepergian menggunakan pesawat terbang. Terutama harus menjaga jarak aman untuk menghindari kemungkinan percikan ludah dari orang yang mungkin tertular covid-19.

Jika memungkinkan, pesan tempat duduk di pesawat yang berada dekat jendela agar lebih aman. Selama penerbangan, Anda hendaknya duduk dengan tenang dan jangan banyak melakukan pergerakan agar Anda tidak banyak menyentuh benda-benda yang kerap disentuh.

Anda bisa menerapkan tips bepergian yang aman saat pandemi diatas agar perjalanan Anda lebih nyaman dan terhindar dari risiko penularan covid-19. Anda rencana bepergian dengan pesawat? Anda bisa dapatkan informasinya tiket online disini. Segera booking di Traveloka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper