Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meninggal karena Covid-19, Ini Pesan Terakhir Sekda DKI Saefullah untuk Anies

Saefullah sempat mengirim pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pamit pulang karena tidak enak badan di tengah-tengah Rapat Paripurna DPRD lewat aplikasi WhatsApp.
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah / Bisnis - Feni
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah / Bisnis - Feni

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia akibat shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (16/9/2020)

Sebelumnya, Senin (7/9/2020), Saefullah sempat mengirim pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pamit pulang karena tidak enak badan di tengah-tengah Rapat Paripurna DPRD lewat aplikasi WhatsApp.

“Sepanjang bekerja bersama, ia belum pernah pamit pulang karena sakit. Senin 7 September 2020, untuk pertama kalinya beliau pamit pulang karena tidak enak badan. Di tengah-tengah Rapat Paripurna DPRD ia pulang,” kenang Anies dalam akun Instagram pribadinya.

Anies bercerita selama almarhum isolasi mandiri dirinya terus menjalin komunikasi. Tidak ada kesan kondisi berat. Dalam komunikasi, menurut Anies, almarhum tidak pernah memberikan konidisi menurun.

“Tapi dari laporan pantauan tim Dinas Kesehatan, kondisinya menurun dan perlu penanganan intensif. Saya terima update tiap hari. Bahkan saat akan dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto ia masih selalu bernada positif,” ujarnya.

Pada Minggu (13/9/2020) dini hari, dia bercerita, almarhum menulis pesan via WA pukul 1 dini hari kira-kira bunyinya, “Pak Gub malam ini saya pindah ke RSPAD,” tuturnya. Almarhum tetap tidak mau menceritakan kondisinya menurun.

“Pak Sekda ini ada dalam setiap perencanaan dan eksekusi semua urusan Covid-19 di Pemprov DKI. Menyiapkan semua jajaran, menggalang sumber daya, dan memastikan terlaksana sesuai rencana. Berbulan-bulan ini kita berkutat urusan Covid bersama-sama,” tulisnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengonfirmasi penyebab meninggalnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah yaitu akibat shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Siang ini, Bapak Sekda kita, Bapak Saefullah, telah berpulang. Bapak Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS, yaitu kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi Covid-19,” kata Widyastuti melalui keterangan tertulis pada Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya, Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9/2020) dini hari.

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2008 - 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper