Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Persebaran Covid-19 di DKI, Mayoritas dari Klaster Rumah Sakit

Sebanyak 63,48 persen atau 24.400 kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta merupakan pasien di rumah sakit.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 23 September 2020  |  12:58 WIB
Seorang dokter mengoperasikan alat bantu pernapasan di ruang ICU Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). - Antara
Seorang dokter mengoperasikan alat bantu pernapasan di ruang ICU Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan klaster persebaran virus Corona (Covid-19) tertinggi berasal dari pasien rumah sakit dan di kalangan komunitas termasuk keluarga.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan sebanyak 63,48 persen (24.400 kasus positif) merupakan pasien di rumah sakit.

Data ini berasal dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada masa PSBB  transisi pada 4 Juni - 12 September 2020.

"Mereka punya gejala dan kontak dengan yang positif. Sebulan lalu angkanya masih 50 persen. Jadi meningkat orang-orang yang punya gejala dan berobat atau memeriksakan diri," kata Dewi, Rabu (23/9/2020).

Adapun, klaster dari pasien di kalangan komunitas mencapai 39,36 persen (15.133 kasus positif) kasus. Mereka adalah orang yang terdeteksi oleh pihak fasilitas kesehatan dan sudah melakukan kontak dengan yang positif seperti klaster keluarga.

Peringkat ketiga berasal dari klaster perkantoran dengan total kasus 3.194 atau 8,31 persen (3.194 kasus positif) dari total kasus di DKI Jakarta. Angka ini berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh perkantoran. 

Namun, kasus positif pada klaster ini belum dapat terdeteksi apakah orang tesebut terpapar ketika berada di rumah, perjalanan, atau di tempat kerjanya.

Di samping ketiga klaster tersebut, muncul sejumlah klaster baru yang sebelumnya tidak ada seperti klaster hotel, pesantren, dan hiburan malam.

"Ditemukan tiga kasus di sebuah hotel. Dari hotel itu, tiga orang punya kontak di sana. Muncul tempat baru sebagai tempat penularan artinya kita harus lebih waspada," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top