Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sedimen Lumpur di Kali Sekretaris Sepanjang 700 Meter Dikeruk

Rencana gerebek lumpur tahap II ini meliputi segmen jalan sasak III ke arah hilir sepanjang 700 meter. Gerebek Lumpur ini berkolaborasi lintas dinas dengan mengerahkan 100 Satgas Pelangi.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  15:59 WIB
Ilustrasi-Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta tengah melakukan pengerukan lumpur  - Istimewa
Ilustrasi-Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta tengah melakukan pengerukan lumpur - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan pengerukan sedimen lumpur dan sampah melalui program Gerebek Lumpur di Kali Sekretaris segmen Jalan Sasak III, Jakarta Pusat pada Kamis (15/10/2020).

Rencana gerebek lumpur tahap II ini meliputi segmen jalan sasak III ke arah hilir sepanjang 700 meter. Gerebek Lumpur ini berkolaborasi lintas dinas dengan mengerahkan 100 Satgas Pelangi.

Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi lintas dinas tersebut.

“Alhamdulillah tadi pagi Pak Wali, dibantu juga Pak Camat, dan Pak Lurah hadir untuk ikut mengawasi [kegiatan Gerebek Lumpur]. Dan ada sekitar 100 satgas pelangi, mulai dari Dinas dan Sudin SDA, Dinas Bina Marga, PPSU Kelurahan dan Kecamatan,” kata Juaini.

Lebih lanjut, Juaini menjelaskan, Kali Sekretaris dipilih menjadi prioritas lokasi pengerukan karena kawasan tersebut rawan banjir. Hulu Kali Sekretaris berada di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan melintasi Jakarta Selatan hingga ke Jakarta Barat.

Dia menerangkan, kondisi sekitar kali yang padat penduduk membuat pengerukan tidak dapat dilakukan terlalu dalam, yaitu maksimal kedalaman 1 meter.

"Karena kawasan ini sering banjir. Sehingga sekitar kawasan ini perlu dikeruk. Kali Sekretaris juga dapat kiriman dari hulunya. Selama ini mungkin sudah banyak endapan lumpur di kali ini. Sehingga harus kita keruk untuk menambah kapasitas" kata dia.

Sementara Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto yang turut hadir untuk meninjau kegiatan tersebut berharap kegiatan Gerebek Lumpur dapat dilakukan secara berkelanjutan, dengan kolaborasi tidak hanya oleh petugas tapi juga masyarakat sekitar, minimal untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Sebenarnya kegiatan Gerebek Lumpur ini merupakan salah satu pelecut untuk seterusnya dilakukan. Dan saya berharap kegiatan ini nanti diikuti oleh masyarakat yang lainnya, Pak RT, Pak RW, dan seluruh tokoh masyarakat yang hadir bisa digelorakan, bisa disampaikan juga kepada masyarakat yang lain untuk menjaga lingkungan sekitar," kata Uus.

Perlu diketahui, kegiatan pengerukan lumpur di Kali Sekretaris telah dilakukan sejak awal Januari 2020 di Kelurahan Sukabumi Selatan. Total panjang pengerukan Kali Sekretaris di sepanjang tahun 2020 adalah 2.300 meter. Dengan total yang sudah dikeruk tahap I meliputi Segmen perbatasan Jakbar sampai dengan Jl. Panjang adalah 1.600 meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top