Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Positif Covid-19, Syafakallah Jadi Trending Twitter, Apa Itu?

Syafakallah menjadi trending Twitter usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi Covid-19. Apa itu Syafakallah dan bagaimana cara menggunakannya?
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  11:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berpose dalam acara Webinar Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta pada Selasa (24/11/2020) - JIBI - Nyoman Ary Wahyudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berpose dalam acara Webinar Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta pada Selasa (24/11/2020) - JIBI - Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Anies Baswedan mengumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Selasa (1/12/2020). Hal ini pun menjadi sorotan warganet.

Sekitar satu jam setelah pengumuman Anies positif Covid-19, Syafakallah menjadi trending di Twitter. Warganet mendoakan Gubernur DKI segera sembuh dari Covid-19 dengan meyelipkan kata “Syafakallah”.

“Syafakallah pak Anies, get well very soon and come back stronger!, tulis Fatrisia Rahmy melalui akun Twitter @frandriani, Selasa (1/12/2020).

Mengutip dari berbagai sumber, kata Syafakallah digunakan untuk pria sakit jumlahnya satu orang. Artinya yaitu Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kamu (pria).

Bentuk lain dari Syafakallah adalah Syafakillah. Kata itu digunakan kepada satu orang wanita yang sakit. Arti lafal ini adalah 'Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kamu (wanita).'

Selain itu juga ada Syafakumullah untuk pria sakit yang jumlahnya lebih dari dua orang. Islam juga mengatur ucapan untuk pria sakit yang jauh, yakni Syafahullah.

Sementara itu untuk wanita sakit dalam jumlah banyak adalah Syafahunnallah. Apabila wanita sakit berada di tempat jauh, maka lafalnya Syafahallah.

Adapun Anies menyampaikan dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12/2020). Pada Senin siang (30/11), Anies telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta. Sebelumnya, pada Rabu (25/11), Anies juga telah melakukan tes usap PCR rutin dan saat itu hasilnya negatif.

Saat ini, lanjut Anies, terhadap seluruh kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantor, telah dilakukan tes usap PCR.

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur provinsi DKI Jakarta. Presiden menilai terjadi peningkatan kasus positif yang terbilang tinggi di provinsi yang dimpimpin Anies tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dki jakarta anies baswedan Covid-19
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top