Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dinkes DKI Perbolehkan Warga Isolasi Mandiri, Ini Alasannya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperbolehkan warganya untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah dengan sejumlah catatan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  14:41 WIB
Ilustrasi - Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi Covid-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). - Antara
Ilustrasi - Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi Covid-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Mulai penuhnya ruang isolasi pasien Covid-19 yang disediakan pemerintah membuat Dinkes DKI Jakarta memperbolehkan warga melakukan isolasi mandiri.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari menuturkan isolasi mandiri bagi masyarakat yang terinfeksi Covid-19 masih dapat dilakukan di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Erizon beralasan saat ini ruang isolasi yang disediakan oleh pemerintah pusat dan daerah relatif penuh.

“Artinya kalau dia rumahnya memungkinkan untuk isolasi mandiri, masih dibolehkan. Karena kita lihat Wisma Atlet saja tingkat hunian sudah 90 persen, hotel-hotel yang disediakan pemerintah juga penuh,” kata Erizon saat dihubungi Bisnis, Rabu (2/12/2020).

Kendati demikian, Erizon menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengarahkan masyarakat untuk ditempatkan di fasilitas kesehatan milik pemerintah jika tidak memiliki hunian yang memenuhi standar.

“Kalau memang tidak memungkinkan di rumahnya, ya kita harus pikirkan seperti isolasi di tempat yang lebih baik tentu saja,” kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperbolehkan warganya untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah dengan sejumlah catatan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan, harus menjalani tahap isolasi secara terkendali di fasilitas milik pemerintah.

“Namun demikian juga, melalui Keputusan Gubernur [Kepgub] Nomor 980 Tahun 2020 yang ditandatangani pada 22 September 2020 itu, bagi keluarga yang terpapar virus Corona yang positif ringan dan OTG itu dimungkinkan dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media pada Kamis (1/10/2020).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top