Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Bagaimana dengan Anies?

Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengatakan alur pemberian vaksin Covid-19 sudah diatur oleh pemerintah pusat dengan prioritas pertama tenaga kesehatan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  14:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Amad Riza Patria memberi penjelasan perihal diberlakukannya kembali PSBB seperti awal pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Amad Riza Patria memberi penjelasan perihal diberlakukannya kembali PSBB seperti awal pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak keberatan jika menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 pada pekan kedua atau ketiga Januari 2021 di wilayah DKI Jakarta.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melalui keterangan video yang diunggah melalui akun instagram pribadinya pada Kamis (7/1/2021).

“Kami, Pak Gubernur [Anies] tentu tidak keberatan. Kami siap kapan pun divaksin. Bagi kami, pimpinan itu, yang terbaik memberi kesempatan pada yang membutuhkan. Kalau warga tidak yakin, minta pimpinan, pimpinan pasti siap,” kata Ariza.

Ariza mengatakan bahwa alur pemberian vaksin sudah diatur oleh pemerintah pusat dengan prioritas pertama tenaga kesehatan.

“Kita mengikuti kebijakan daripada pemerintah pusat memang sudah diatur setelah tenaga kesehatan itu nanti aparat pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menerima sebanyak 39.200 vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat pada Senin (4/12/2020).

“Tadi hari ini siang vaksin untuk Covid-19 sudah masuk ke Dinkes DKI, untuk pengiriman pertama hari ini sebesar 39.200. Tahap pertama ini akan dikirim dua kali nanti tanggal 7 Januari akan dikirim lagi terjadwal itu sebanyak 80.840,” kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Ani Ruspitawati melalui keterangan video yang diterima Bisnis pada Selasa (5/1/2021).

Dengan demikian, Ani menerangkan, vaksin Covid-19 pada tahap pertama untuk Provinsi DKI Jakarta dialokasikan sebanyak 120.500. Adapun, vaksin itu bakal diberikan pada tenaga kesehatan pada pekan kedua atau ketiga Januari 2021.

“Jadi total yang kita miliki, vaksin yang kita terima 120.500 untuk tahap pertama tenaga kesehatan, jadi tenaga kesehatan yang ada di faskes-faskes [fasilitas kesehatan] sasarannya,” kata dia.

Seperti diketahui, dalam berbagai kesempatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa dirinya siap menjadi orang yang pertama disuntik vaksin Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat mengenai keamanan dari vaksin Covid-19.

Jokowi dijadwalkan akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu pekan depan atau pada 13 Januari 2021. Adapun, jenis vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan ke Presiden ialah vaksin buatan Sinovac.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Anies Baswedan vaksinasi Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top