Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transjakarta Targetkan Pengoperasian 30 Bus Listrik Saat HUT Jakarta ke-499 Juni 2021

Transjakarta menyerahkan pemilihan merek bus listrik kepada operator berdasar pada skema kerja sama dengan pola BDMI atau BSPA.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  22:04 WIB
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya. - Istimewa
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan pengoperasian 30 bus listrik saat perayaan ulang tahun Jakarta ke-494 pada Juni 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Johny menuturkan target itu sekaligus menjadi batu loncatan dari pengadaan bus listrik di Ibu Kota. Pasalnya, PT Transjakarta mencanangkan pengadaan 100 bus listrik hingga akhir tahun 2021.

“Kalau bisa berjalan ini akan menjadi milestone besar untuk menyambut target 2030, di mana sesuai rencana jangka panjang perusahaan kita menargetkan 10.051 bus listrik,” kata Johny saat diskusi daring wartawan Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Johny mengatakan Transjakarta menyerahkan pemilihan merek bus listrik kepada operator berdasar pada skema kerja sama dengan pola BDMI atau BSPA.

“Jadi kita enggak melakukan tender, Transjakarta itu tidak membeli, hanya menyampaikan kepada operator silahkan pilih yang dianggap layak untuk nanti digunakan dalam fleetnya Transjakarta,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pabrikan penyedia bus listrik menunjukkan ketertarikan untuk masuk ke dalam pengadaan Transjakarta.

Hal itu tercermin dari pelaksanaan uji coba komersial BYD bersama Transjakarta. Adapun BYD itu sendiri bekerja sama dengan Bakrie Autoparts. Belakangan, merek-merek lain ikut menyusul uji coba komersial seperti Skywell, Higer, Zhongtong, Mobil Anak Bangsa (MAB) dan INKA E-Inobus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta transjakarta
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top