Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemampuan Fiskal DKI Loyo, Anies Serahkan Proyek SPAM Jatiluhur I ke Pusat

Anies beralasan penyerahan pelaksanaan pembangunan pipa transmisi dan distribusi SPAM Jatiluhur di dalam kota dengan pertimbangan kemampuan fiskal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terkontraksi.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2021)./Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2021)./Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan proyek pembangunan pipa distribusi SPAM Jatiluhur I dari Pondok Kopi ke titik-titik pelayanan di dalam kota kepada pemerintah pusat.

Anies beralasan penyerahan pelaksanaan pembangunan pipa transmisi dan distribusi SPAM Jatiluhur di dalam kota itu mempertimbangkan kemampuan fiskal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

Padahal, proyek itu sebenarnya menjadi bagian kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha atau KPBU.

Sementera, Kementerian PUPR mendapat bagian kerja mengolah dan mengirimkan air bersih dari Waduk Jatiluhur sampai titik pengambilan di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Pembagian kerja sama antara pusat dan daerah itu juga telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2017-2022 yang telah ditetapkan Anies pada 16 April 2018 lalu.

Belakangan Anies mengajukan perubahan atas RPJMD 2017-2022 tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta yang menyerahkan tanggungjawab itu kepada pemerintah pusat.

“Pembangunan pipa transmisi dan distribusi SPAM Jatiluhur I di dalam Provinsi DKI Jakarta direncanakan pelaksanaannya oleh pemerintah pusat, dengan pertimbangan kemampuan fiskal daerah oleh Pemprov DKI akibat terdampak pandemi,” kata Anies dikutip dari rancangan perubahan RPJMD 2017-2022 seperti dilihat Bisnis, Kamis (25/3/2021).

Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo menuturkan, alokasi air bersih dari SPAM Jatiluhur itu dapat menambah sekitar 15 persen cakupan layanan air bersih di DKI Jakarta beberapa waktu ke depan.

Berdasarkan catatan PAM Jaya hingga tahun 2020, cakupan layanan air bersih di DKI Jakarta menyentuh di angka 65,01 persen. Sementara kapasitas ketersediaaan air bersih mencapai 20.227,5 liter per detik.

Adapun, panjang pipa yang dimiliki PAM Jaya terbentang hingga 11.916 kilo meter. Pada Oktober tahun lalu, PAM Jaya mencatatkan jumlah konsumen sebanyak 888.342. Ihwal kontruksi SPAM Jatiluhur I itu, Hernowo mengatakan, pihaknya tengah menyusun basic engineering design atau BED untuk sisi transmisi dan distrubusi air di wilayah hilir.

“Kendalanya pada investasi yang dibutuhkan untuk pemasangan jaringan distribusi maupun transmisi itu sebesar kurang lebih Rp10 hingga Rp12 triliun. Saat ini kami sedang berkomunikasi dengan Kementerian PUPR bagaimana skema terbaik untuk pengerjaannya,” kata Hernowo melalui sambungan telepon kepada Bisnis pada Sabtu (23/1/2021).

Belakangan, Hernowo meminta skema investasi terkait pengerjaan jaringan transmisi dan distribusi sisi hilir SPAM Jatiluhur I ditempuh dengan alur kerja sama antara pemerintah dan badan usaha atau KPBU.

Permintaan itu berkaca pada skema investasi sisi hulu SPAM Jatiluhur I yang dikerjakan dengan KPBU. Pada sisi hulu, pemenang lelang proyek KPBU tersebut adalah konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk., dan PT Tirta Gemah Ripah. Ketiga perusahaan tersebut membentuk perusahaan patungan sebagai BUP, yakni PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur.

Konstruksi SPAM Jatiluhur I akan dimulai sekitar Agustus 2021 jika DED proyek tersebut rampung pada akhir Januari 2021. Total nilai investasi proyek yang dialokasikan pemenang lelang adalah Rp1,67 triliun dengan tarif air minum terendah Rp2.799 per meter kubik untuk wilayah DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper