Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksin Gotong Royong Sasar 3,5 Juta Karyawan Swasta di Jabodetabek

Sampai saat ini terdapat 7.000 perusahaan UMKM yang ikut serta dalam program Vaksinasi Gotong Royong dari total lebih dari 20.000 perusahaan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Program Vaksinasi Gotong Royong ditargetkan menyasar 3,5 juta karyawan swasta di wilayah Jabodetabek.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Aruza mengatakan, bahwa Program Vaksinasi Gotong Royong yang diinisiasi oleh pelaku usaha swasta itu bakal membantu percepatan vaksinasi Ibu Kota yang telah menyentuh di angka 3,7 juta dosis per 18 Mei 2021.

“Rencana di Jabodetabek informasinya 3,5 juta. Itu sangat membantu kami di DKI Jakarta. Mudah-mudahan kita akan targetkan tahun ini di Jakarta bisa selesai,” tutur Ariza dalam konferensi pers Sosialisasi Sentra Vaksinasi Gotong Royong Kadin Indonesia, Rabu (19/5/2021).

Menurut Ariza, program vaksinasi itu bakal membantu pemulihan ekonomi Ibu Kota.

“Jakarta sebagai Ibu Kota dan sentra ekonomi, tentu kami akan berusaha sebaik mungkin dan terima kasih dukungan selama ini pak [Menteri BUMN] Erick Thohir,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roslani mengatakan, bahwa sampai saat ini terdapat 7.000 perusahaan UMKM yang ikut serta dalam program Vaksinasi Gotong Royong dari total lebih dari 20.000 perusahaan.

"Jadi, perusahaan yang pegawainya hanya 3 orang, 15 orang, dan 20 orang, menanyakan pada awal program diinisiasi, apakah boleh ikut. Selama itu berbadan hukum boleh mendaftar. Saat ini ada 7.000 UMKM yang mendaftar," ujar Rosan dalam acara bertajuk Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong untuk Bangkit Bersama, Rabu (19/5/2021).

Dalam pernyataannya, Rosan tidak menampik terdapat sebagian peerusahaan di segmen UMKM yang tertekan akibat terdampak pandemi Covid-19. Namun, lanjutnya, terdapat sebagian perusahaan UMKM yang masih memiliki kemampuan untuk mengikuti program tersebut.

Adapun, untuk implementasinya, Kadin bekerja sama dengan RS Siloam untuk proses pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku UMKM yang sebelumnya dinilai cukup sulit untuk dilakukan mengingat ketidakmampuan perusahaan di segmen tersebut untuk menyiapkan fasilitas kesehatan sendiri.

Terdapat 62 titik lokasi vaksinasi yang disediakan RS Siloam untuk pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong.

Secara total, perusahaan yang telah mendaftar untuk mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong sebanyak 22.736 dengan jumlah peserta sekitar 10 juta orang dengan fokus pertama di wilayah Jabodetabek dan sektor manufaktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper