Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buang Limbah Paracetamol ke Teluk Jakarta, PT MEF dan PT B Dikenai Sanksi Administratif

Dua perusahaan farmasi, PT MEF dan PT B yang membuang limbah Paracetamol ke Teluk Jakarta, dikenai sanksi administratif.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 11 November 2021  |  07:55 WIB
Kawasan Teluk Jakarta./ - Wikipedia
Kawasan Teluk Jakarta./ - Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Dua perusahaan farmasi, PT. MEF dan PT. B dijatuhi sanksi administratif oleh Pemprov DKI Jakarta terkait Teluk Jakarta tercemar Paracetamol.

Dikutip dari keterangan tertulis Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kamis (11/10/2021), kedua perusahaan farmasi itu menggunakan Paracetamol dalam proses produksi di wilayah Jakarta Utara.

Berdasarkan hasil investigasi dan verifikasi terhadap kegiatan/usaha, serta pemeriksaan sampel air limbah terbukti perusahaan itu belum memenuhi peraturan pembuangan limbah.

Baku mutu limbah itu diatur Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 69 Tahun 2013 tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Kegiatan dan/atau Usaha.

Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah mengenakan sanksi administratif yang ditetapkan dalam Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nomor 672 tahun 2021 tentang Penerapan Sanksi Administratif Paksaan Pemerintah Kepada PT. MEF dan Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nomor 671 tahun 2021 tentang Penerapan Sanksi Administratif Paksaan Pemerintah Kepada PT. B atas ketidaktaatan dalam pengelolaan air limbah.

Sanksi administrative yang dikenakan pada dua perusahaan itu adalah mewajibkan PT. MEF dan PT. B untuk menutup saluran outlet IPAL air limbah dan melakukan perbaikan kinerja IPAL, serta mengurus persetujuan teknis pembuangan air limbah dalam rangka pengendalian pencemaran air.

Selanjutnya, pihak Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan pengawasan pematuhan sanksi administratif tesebut.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

limbah teluk jakarta
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top