Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pantau Aksi Perubahan Iklim di Jakarta? Cek di Sini

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan website pusat informasi tentang aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara di Jakarta, yakni rendahemisi.jakarta.go.id.
Perubahan iklim/evogreen.co.uk
Perubahan iklim/evogreen.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan website pusat informasi tentang aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara di Jakarta, yakni rendahemisi.jakarta.go.id.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Asep Kuswanto berharap website ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat memantau perkembangan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta, sekaligus menjadi media informasi dan kolaborasi.

Website yang berjudul Jakarta Rendah Emisi ini mewakili visi hijau Jakarta dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan juga mengurangi emisi polusi udara. "Logo dan visual website ini menggunakan warna biru dan hijau yang menggambarkan spektrum penurunan emisi polusi udara dan GRK," kata Asep melalui rilis resminya, Jumat (19/11/2021). 

Melalui website ini, lanjut Asep, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menunjukkan satu langkah untuk meningkatkan transparansi mengenai aksi-aksi perubahan iklim dan mengajak publik untuk turut menyumbang ide bagi perbaikan kualitas lingkungan di Jakarta.

Di dalam website ini, dapat ditemukan dan dijelajahi publikasi kebijakan dan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara, laporan, dan capaian aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, platform untuk kolaborasi, informasi data kualitas udara dan perubahan iklim.

Selain itu, publik juga dapat mendapatkan informasi praktis seperti lokasi pengetesan uji emisi dan kebijakan terbaru lainnya. Informasi dalam website ini tersedia bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Website ini juga akan menjadi inisiatif Jakarta dalam melaksanakan amar putusan Citizen Lawsuit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 September 2021 lalu. Pengembangan website ini dilakukan melalui kerja sama dengan yang merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, +Jakarta dan Vital Strategies.

Vital Strategies telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Clean Air Partnership Program (JCAP) yang berupa dukungan teknis untuk mengatasi polusi udara di Jakarta melalui peningkatan ketersediaan dan penggunaan data kualitas udara, analisa solusi kebijakan, dan efektifitasnya, serta mempromosikan kesadaran publik tentang dampak polusi udara bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper