Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jakarta Banjir, Hujan Guyur Ibu Kota hingga Malam Hari

Sejumlah wilayah administrasi di Provinsi DKI Jakarta diperkirakan hujan hingga malam hari.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  14:46 WIB
Hujan - Istimewa
Hujan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah wilayah administrasi di Provinsi DKI Jakarta diperkirakan hujan ringan pada Selasa (18/1/2022) malam. Wilayah tersebut  antara lain Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Sementara, 3 wilayah administrasi lainnya, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Hujan ringan diperkirakan bakal berlanjut sampai dengan dini hari di ketiga wilayah tersebut.

BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan dini.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Selatan Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang hingga sore hari, serta Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat pada dini hari.”

Berdasarkan informasi dari Pemprov DKI Jakarta, tinggi muka air di sejumlah wilayah di DKI Jakarta masih dalam status siaga beberapa saat setelah genangan terjadi akibat hujan lebat melanda sejak siang pada Selasa (18/1/2022).

Mengutip informasi resmi dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DKI Jakarta, Selasa (18/1/2022), 2 pintu air berstatus siaga adalah Pasar Ikan dan PA Marina. Sementara, tinggi muka air di 11 lokasi lainnya berstatus normal.

BPBD DKI Jakarta juga mengeluarkan informasi terkait dengan ketinggian muka air di Pintu Air Pulogadung pascahujan lebat mengguyur. Ketinggian air masih 330 cm dan berstatus normal/siaga 4 pada pukul 10.00 WIB dengan cuaca mendung.

Kondisi berubah sampai dengan pukul 11.00 WIB karena turun hujan. Kenaikan tinggi muka air mulai terjadi pada pukul 12.00 WIB. Tinggi muka air di Pintu Air Pulo Gading sudah mencapai 400 cm.

Pada pukul 13.00 WIB, tinggi muka air sudah mencapai 570 cm dengan cuaca gerimis sehingga status meningkat menjadi waspada/siaga 3.

Banjir

Akibat hujan deras, sejumlah lokasi di Jakarta mengalami banjir. Di Jakarta Barat  terdapat 10 RT yang terdiri atas Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian 60 cm di salah satu RT. Menurut pemerintah penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi.

Kemudian, Kelurahan Kapuk dengan ketinggian 40 cm di salah satu RT, Kealurahan Cengkareng Timur dengan ketinggian 40 cm di salah satu 1 RT, Kelurahan Pegadungan dengan ketinggian 60 cm di 2 RT.

Lalu, Kelurahan Kamal dengan ketinggian 45 cm di 3 RT, Kelurahan Semanan dengan ketinggian 60 cm di salah satu 1 RT, dan Kelurahan Tegal Alur dengan ketinggian 50 cm di salah satu RT. Semuanya disebabkan curah hujan yang tinggi.

Selain itu, 1 ruas jalan tergenang di Jalan Bangun Nusa 2 Kel. Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng dengan ketinggian 50 - 60 cm. Penyebabnya juga curah hujan yang tinggi.

Saat ini, kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana dan  Disgulkarmat ditargetkan akan surut dalam waktu cepat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG hujan jakarta banjir cuaca jakarta
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top