Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Libur Lebaran 2022, Pemprov DKI Promosikan Tempat Wisata di Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan beragam pilihan tujuan wisata bagi warga yang ingin libur Lebaran 2022 atau Idulfitri 1443 H di Jakarta.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 30 April 2022  |  13:44 WIB
Libur Lebaran 2022, Pemprov DKI Promosikan Tempat Wisata di Jakarta
Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, Kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. ANTARA FOTO - Nova Wahyudi
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan beragam pilihan tujuan wisata bagi warga yang ingin libur Lebaran 2022 atau Idulfitri 1443 H di Jakarta.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan, terdapat berbagai pilihan destinasi wisata mulai dari wisata edukasi, wisata taman kota, wisata kuliner, hingga wisata belanja.
“Di Jakarta itu ada banyak pilihan destinasi dan aktivitas wisata yang dapat dikunjungi. Ada museum, 120 taman dan hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan, dan tempat kuliner yang siap dikunjungi selama libur Idulfitri," kata Andhika dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).
Andhika mengatakan, wisatawan juga dapat berkeliling Jakarta dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi bus wisata. Semua pilihan tersebut dapat dilakukan secara mandiri ataupun memanfaatkan paket wisata yang tersedia.
Untuk museum yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Andhika mengatakan bisa dikunjungi mulai tanggal 3 Mei 2022, sedangkan museum lainnya dapat dikunjungi mulai tanggal 4 Mei 2022.
Adapun sejumlah taman yang akan tetap beroperasi saat libur hari raya Idulfitri seperti, Tebet Eco Park, Taman Menteng, Taman Ayodya, Taman Langsat, Taman Puring, dan Taman Situ Lembang yang bisa dikunjungi selama libur Idulfitri mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Khusus di hari pertama Idulfitri, taman-taman tersebut mulai beroperasi setelah pelaksanaan salat Idulfitri. Sementara untuk Taman Lapangan Banteng, warga Jakarta dan wisatawan dapat berkunjung mulai hari kedua Idulfitri.
Wisatawan juga dapat melanjutkan perjalanan menuju wisata kuliner di berbagai restoran dan cafe yang tersebar di Jakarta.
Destinasi wisata selanjutnya yaitu wisata bahari di Kepulauan Seribu dengan jarak yang tidak jauh dari pesisir Jakarta. Terdapat 6 Pulau Penduduk, 5 Pulau Resort, Taman Nasional Kepulauan Seribu, dan Museum Arkeologi di Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor yang siap menyambut wisatawan.
Berbagai pilihan atraksi wisata seperti snorkeling, menyelam, memancing, island hopping, atau sekadar menikmati keindahan matahari terbenam juga dapat dinikmati di sana.
Sebagai informasi, Disparekraf DKI Jakarta turut menggandeng berbagai asosiasi industri pariwisata, antara lain Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO) Jakarta, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jakarta.
Melalui kerjasama tersebut, tersedia paket-paket wisata yang menarik seperti staycation di hotel atau berkeliling Jakarta dengan cara yang berbeda melalui walking tour ataupun dengan menggunakan bus wisata yang disediakan gratis oleh PT Transjakarta.
Terdapat 2 rute yang disediakan, yaitu rute Jakarta modern dan rute pencakar langit. Pilihan wisata yang bervariasi ini bisa menjadi referensi bagi warga dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Jakarta selama libur Idulfitri.
Perlu diketahui, meskipun objek wisata di Jakarta sudah dibuka, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dan harus selalu diterapkan demi kenyamanan dan keamanan wisatawan, serta pengelola destinasi wisata.
Selama libur Idulfitri, pengawasan terhadap kepatuhan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) pada industri pariwisata juga akan dilakukan.
Penerapan CHSE ini ditujukan untuk menjaga keamanan wisatawan di Jakarta serta menjadi tolok ukur kepatuhan industri pariwisata. Harapannya, dengan penerapan CHSE yang baik dapat mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah periode libur Idulfitri
berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta Pemprov DKI destinasi wisata idulfitri libur lebaran
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top