Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hepatitis Akut Misterius Masuk RI, PSI Desak Pemprov DKI Sigap 

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendesak Pemprov DKI agar sigap mengatasi penyakit hepatitis akut misterius yang menjangkiti anak-anak.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  14:08 WIB
Dok. Tenaga medis membawa pasien. ANTARA FOTO - Ampelsa
Dok. Tenaga medis membawa pasien. ANTARA FOTO - Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit hepatitis akut misterius yang berasal dari Inggris sudah memasuki Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan 3 anak meninggal diduga karena wabah tersebut.

Ketua Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk serius menangani penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya hingga saat ini 

Anggara meminta pemerintah belajar dari pengalaman dari penanganan pandemi Covid-19. Terlebih, saat ini penyakit tersebut menular ke anak-anak.

“Kita harus nyalakan alarm kewaspadaan lagi karena WHO pun sudah menetapkan meningkatnya kasus hepatitis akut ini sebagai Kejadian Luar Biasa. Belajar dari pengalaman, jangan lagi meremehkan penyakit yang baru menyebar, apalagi kali ini sasarannya anak-anak,” kata Anggara yang dilansir dari siaram pers, Rabu (4/5/2022).

Anggara yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta mengatakan peran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta sangat penting dalam mengantisipasi lonjakan kasus penyakit misterius ini.

Dia mengatakan Dinkes DKI Jakarta harus segera berkoordinasi intens dengan Kemenkes untuk melakukan investigasi dan tracing agar dapat menemukan titik penyebaran awalnya. 

Adapun, Anggara juga mengimbau pengurus wilayah untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait beredarnya penyakit ini sehingga dapat waspada.

“Sosialisasi juga penting dilakukan sampai ke masyarakat. Bisa libatkan pengurus RT, RW, atau Kader PKK. Namun, materi yang disebarkan harus dibuat sejelas mungkin, kita tentu tidak mau membuat panik masyarakat yang baru mau bebas dari pandemi Covid-19,” tutup Anggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hepatitis partai solidaritas indonesia hepatitis misterius
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top