Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Bertemu Gubernur Tokyo di Jepang, Apa yang Dibahas? 

Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Dia bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  15:41 WIB
Anies Bertemu Gubernur Tokyo di Jepang, Apa yang Dibahas? 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike di Tokyo Metropolitan Government Building, Shinjuku, Tokyo. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @aniesbaswedan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang. Dia bertemu dengan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike di Tokyo Metropolitan Government Building, Shinjuku, Tokyo. 

"Tukar pikiran yang mencerahkan dan menyenangkan dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike di kantornya, di Balai Kota Tokyo. Kami membahas banyak hal, terutama tentang usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan," tulis Anies Baswedan di Instagram pribadinya @aniesbaswedan, dikutip Sabtu (13/8/2022). 

Anies mengungkapkan, bahwa ini bukan pertama kalinya mereka bertemu. Sebelumnya, Anies dan Yuriko bertemu pada tahun 2017, awal keduanya menjabat. 

"Tokyo dan Jakarta adalah sister cities, kota kembar, dengan hubungan yang sudah lama . Pertemuan hangat ini menjadi titik komitmen baru untuk mempererat hubungan Jakarta dan Tokyo," kata Anies. 

Pada pertemuan tersebut, Anies juga turut mengundan Koike untuk menghadiri konferensi Urban 20 di Jakarta pada akhir bulan Agustus mendatang. 

"Alhamdulillah terlihat kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota utama dunia lainnya.  Selain fasih berbahasa Jepang dan Inggris , Gubernur Koike juga fasih berbahasa Arab karena pada masa mudanya pernah kuliah , tinggal dan bekerja di Kairo," ungkap Anies. 

Dia berkisah bahwa ada salah satu staf Gubernur Koike yang meminta foto bersamanya, sambil membawa selembar print out foto bersama  lima tahun yang lalu. Anies pun memuji staf tersebut yang rapi menyimpan arsip foto. 

"Khas Orang Jepang. Ada yang unik  sambil keluar Gubernur Koike menunjukkan sebuah gambar ikan yang dilukis oleh mendiang Shinzo Abe, mantan PM [Perdana Menteri] Jepang, sebagai cara dia mengingat dan menghormati tokoh penting di Jepang," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan gubernur dki tokyo
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top