Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Heru Sebut Jakarta Siap Hadapi Banjir, Tanah Longsor, hingga Angin Kencang

Pj Gubenur Heru Budi Hartono hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tahun 2022-2023 DKI Jakarta.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 09 November 2022  |  14:59 WIB
Heru Sebut Jakarta Siap Hadapi Banjir, Tanah Longsor, hingga Angin Kencang
Penjabat (Pj) Gubenur Heru Budi Hartono hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tahun 2022-2023 di DKI Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Rabu (9/11 - 2022)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Penjabat (Pj) Gubenur Heru Budi Hartono hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tahun 2022-2023 DKI Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Rabu (9/11/2022).

Heru mengatakan apel tersebut digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi.

Terlebih ada informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada potensi cuaca ekstrem, seperti halnya hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada November 2022 hingga Februari 2023.

"Pada periode tersebut, kita harus siap dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi yang dapat berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang di Jakarta dan sekitarnya," kata Heru di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Rabu (9/11/2022).

Heru menyebutkan apel tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kemenko PMK, BNPB, dan lembaga penggiat kemanusiaan lainnya. Terdapat 2.500 orang yang hadir dalam mengikuti apel ini yang terdiri dari unsur 10 kementerian/lembaga, TNI/Polri, Pemda, 3 BPBD Provinsi, BUMN, BUMD DKI, 15 Kelurahan, 5 Universitas, serta 128 Lembaga penggiat kebencanaan.

Apel juga dilaksanakan secara daring dengan peserta sebanyak 10 provinsi dan 34 kabupaten dan kota di seluruh wilayah Indonesia yang berada di kawasan rawan bencana banjir dan tanah longsor.

“Kegiatan apel hari ini akan dilanjutkan dengan simulasi penangggulangan bencana banjir,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, BNPB menampilkan peralatan seperti perahu amfibi, perahu karet, helikopter, kendaraan penanganan bencana. Kemensos menampilkan peralatan yakni tenda, peralatan komunikasi, serta kendaraan penanganan bencana.

TNI mengerahkan kendaraan operasional serta peralatan penanganan bencana yang dimiliki. Polri menggelar peralatan penanggulangan bencana berupa mobil SAR, mobil DVI, dan K9. Ditampilkan pula peralatan dari berbagai lembaga seperti Kemenkes, Kemendikbudristek, Basarnas, hingga BMKG yang menampilkan mobil pemantau cuaca.

Pada apel tersebut turut hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy beserta jajaran, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Suharyanto beserta jajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cuaca Jabodetabek Cuaca dki jakarta heru budi hartono
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top