Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Ekstrem Jakarta, Heru Budi Imbau Warga DKI WFH

Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat Jakarta untuk bekerja dari rumah untuk mengantisipasi cuaca ekstrem pada awal tahun 2023.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah)/Antara
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat Jakarta untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) untuk mengantisipasi cuaca ekstrem pada awal tahun 2023.

Tanggal 30 [Desember 2022] sampai 2 [Januari 2023] itu parsial kita imbau, mengkondisikan masing-masing karyawan swasta untuk bisa WFH,” kata Heru di Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Menurut Heru imbauan tersebut untuk menghindari beberapa hal yang terjadi akibat cuaca ekstrem. “[Untuk] menghindari kemacetan, bencana, pemborosan dan lainnya,” katanya.

Kendati demikian, Heru menyebutkan bahwa hal tersebut kembali pada kebijakan perusahaan masing-masing. Kendati demikian, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang melakukan pelayanan langsung tidak diimbau untuk WFH.

“Tetapi [ASN] yang tidak langsung, mungkin masing-masing OPD [Organisasi Perangkat Daerah] nanti memikirkan. Tapi sejauh itu masih landai, tetap masih masuk,” katanya.

Heru juga menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah adanya cuaca ekstrem pada akhir tahun hingga awal tahun. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Nanti pak Isnawa Adji [Kepala BPBD] berkoordinasi dengan BRIN [Badan Riset dan Inovasi Nasional], dan AU [Angakatan Udara] untuk bisa mengantisipasi yang tanggal 28 dan seterusnya,” papar Heru.

Heru juga  menyebutkan akan melakukan usaha untuk pengerukan kali untuk mengatasi banjir akibat cuaca ekstrem. Dia pun berharap dengan adanya antisipasi tersebut tidak ada bencana menjelang akhir tahun hingga awal tahun 2023 nanti.

“Mudah-mudahan tidak datang lah bencana itu ke Jakarta,” harapnya

Sebelumnya, Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin menyebutkan adanya potensi banjir besar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 28 Desember besok.

“Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Emma di Twitter, dikutip pada Senin (26/12/2022).

Emma menyebutkan badai dahsyat tersebut berasal dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur. Pertama dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst), dan dari utara  melalui angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper